Pakar Berikan Tips Mencegah Virus Covid-19 Varian Baru

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Pakar Berikan Tips Mencegah Virus Covid-19 Varian Baru

Pakar Berikan Tips Mencegah Virus Covid-19 Varian Baru

KEPONEWS.COM - Pakar Berikan Tips Mencegah Virus Covid-19 Varian Baru BELUM lama ini beredar bahwa ada jenis virus Covid-19 varian baru, bernama EG.5 yang menyerang Amerika dan Singapura. Bahkan menurut data yang didapat, per Agustus 2023 strain EG.5 sudah menyumbangkan...

BELUM lama ini beredar bahwa ada jenis virus Covid-19 varian baru, bernama EG.5 yang menyerang Amerika dan Singapura. Bahkan menurut data yang didapat, per Agustus 2023 strain EG.5 sudah menyumbangkan setidaknya 17 Persen kasus di Amerika, dan mengalami kenaikan lonjakan kasus dua kali lipat di Singapura

Tentu saja hal ini pun tidak bisa dianggap remeh mengingat pesatnya peningkatan kasus yang membuat kondisi seperti ini perlu diberikan perhatian lebih. Oleh karena itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM memberikan tips tindakan pencegahan yang bisa diterapkan oleh masyarakat, agar terhindar dari virus tersebut.

Tetap terapkan perilaku sehat yang biasa kita lakukan, termasuk protokol kesehatan Covid-19. Apalagi kalau Kamu ialah kelompok yang berisiko tinggi, kata Prof Zubairi, dikutip dalam akun X miliknya @ProfesorZubairi, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, untuk menghadapi virus seperti ini tidak perlu panik, karena yang terpenting ialah selalu mengikuti perkembangan kasus, dan memperhatikan perjalanan destinasi yang dituju.

Covid-19

Pastikan situasi lokal dan negara yang dituju sedang aman ya, ucap Prof Zubairi.

Selain itu, Prof Zubairi juga mengatakan kemungkinan penyebab terjadinya penyebaran virus ini ialah karena menurunnya kekebalan imunitas tubuh masyarakat, karena sudah jarang atau bahkan lama tidak diberikan booster.

Untuk itu, Menteri Kesehatan Singapura pun merekomendasikan agar dilakukan penambahan dosis vaksin, supaya kekebalan tubuh masyarakat kembali meningkat dalam menghadapi peningkatannya kasus Covid-19 saat ini.

Di Amerika sendiri ada vaksin Covid-19 terbaru yang based on varian mirip dengan EG.5 yaitu varian XBB. Jadi seharusnya bisa melindungi, tutur Prof Zubairi.

Follow Gosip Okezone di Google News

(Leo)

Comments