Pakai nasi sudah biasa, 4 tumpeng ini dibuat dari bahan tak terduga

Unik

Ragam / Unik

Pakai nasi sudah biasa, 4 tumpeng ini dibuat dari bahan tak terduga

Pakai nasi sudah biasa, 4 tumpeng ini dibuat dari bahan tak terduga

KEPONEWS.COM - Pakai nasi sudah biasa, 4 tumpeng ini dibuat dari bahan tak terduga Siapa yang tidak mengenal makanan yang bernama tumpeng? Makanan ini biasanya dibuat sebagai makanan utama pada saat kenduri atau perayaan suatu peristiwa penting, seperti ulang tahun dan syukuran suat...

Siapa yang tidak mengenal makanan yang bernama tumpeng? Makanan ini biasanya dibuat sebagai makanan utama pada saat kenduri atau perayaan suatu peristiwa penting, seperti ulang tahun dan syukuran suatu perusahaan atau tempat.

Tumpeng terdiri dari olahan nasi yang memiliki bentuk unik yaitu berbentuk kerucut yang dikelilingi lauk-pauk. Umumnya olahan nasi yang disajikan berupa nasi kuning, nasi putih biasa dan nasi uduk.

Makanan yang berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia ini biasa disajikan di atas tampah yang sebelumnya sudah dilapisi daun pisang sebagai alas.

Meski tradisi ini sudah ada semenjak lama, sekarang tumpeng sudah hadir dengan banyak sekali macam varian dan tidak hanya terbuat dari nasi saja lho.

Nah biar nggak penasaran, berikut 4 tumpeng kekinian tanpa nasi yang lansir dari travelingyuk.com, Kamis (15/3).

1. Tumpeng sushi

foto: mulpix.com

Biar berbeda dari yang lain, kamu bisa menggunakan tumpeng sushi dalam acara perayaan kamu nih. Masakan asal Jepang ini memang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Jadi nggak perlu diragukan lagi deh, udah unik, rasanya juga enak lagi.

2. Tumpeng mi instan

foto: instaview.xyz

Nah kalau masakan yang satu ini lagi ramai dibicarakan di dunia maya nih. Tempat mkaan yang menyediakan menu ini ialah TOT.AW yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menariknya lagi, lauk tambahannya juga banyak banget. Ada cui hitam, ayam suwir, balado tongkol, siomay ayam dan tahu balado.

3. Tumpeng pempek

foto: Instagram/@pempekcikros

Punya temen yang suka banget sama pempek? Nah kalau gitu biar lebih berkesan, coba kasih tumpeng pempek ketika dia berulang tahun.

Tumpeng ini terdiri dari tumpukan banyak sekali jenis pempek yang disusun secara rapi hingga membentuk kerucut seperti tumpeng. Sebagian besar penjual masakan unik ini menyajikannya dengan kuah yang terpisah.

4. Bakso tumpeng

foto: thepictaram.club

Salah satu makanan favorit orang Indonesia ini sekarang ada yang berbentuk tumpeng lho. Nggak percaya? Coba aja mampir ke tempat makan Lesehan Mbanyu Mili yang terletak di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Seporsi bakso tumpeng disajikan dengan kuah hangat, mi kuning, potongan tahu goreng dan taburan seledri dalam satu mangkuk.

RECOMMENDED

Comments