Pakai Data dari Satelit, NASA Petakan Kerusakan Ledakan di Beirut

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pakai Data dari Satelit, NASA Petakan Kerusakan Ledakan di Beirut

Pakai Data dari Satelit, NASA Petakan Kerusakan Ledakan di Beirut

KEPONEWS.COM - Pakai Data dari Satelit, NASA Petakan Kerusakan Ledakan di Beirut Penampakan foto Beirut dari satelit. (Twitter/@planetlabs) Memakai data dari program satelit Eropa, para ilmuwan NASA memetakan kerusakan yang disebabkan ledakan dahsyat yang mengguncang Beirut, Leba...

Penampakan foto Beirut dari satelit. (Twitter/@planetlabs)

Memakai data dari program satelit Eropa, para ilmuwan NASA memetakan kerusakan yang disebabkan ledakan dahsyat yang mengguncang Beirut, Lebanon beberapa waktu lalu

Tim NASA Advanced Rapid Imaging and Analysis (ARIA) memetakan kerusakan memakai radar aperture sintetis, yang diperoleh dari program Copernicus Sentinel milik Badan Antariksa Eropa (ESA). Radar menunjukkan perubahan pada tanah sebelum dan sesudah peristiwa besar, seperti gempa Bumi.

"Peta seperti ini dapat membantu mengidentifikasi wilayah yang rusak parah di mana orang mungkin membutuhkan bantuan. Ledakan tersebut terjadi di dekat pelabuhan kota dan diperkirakan menyebabkan kerusakan bernilai miliaran dolar," kata NASA dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Space.com, Kamis (13/8/2020).

Kerusakan terparah, seperti di sekitar pelabuhan Beirut, akan ditampilkan sebagai piksel berwarna merah tua. Sementara wilayah yang mempunyai kerusakan sedang, ditandai dengan warna oranye.

Kondisi ledakan di Beirut. [NASA]Kondisi ledakan di Beirut. [NASA]

Area dengan warna kuning, kemungkinan tidak terlalu terpengaruh dampak ledakan. Setiap piksel mewakiliki area seluas 30 meter.

Kerusakan yang disebakan ledakan Beirut juga telah dipetakan oleh satelit lain, termasuk satelit SkySat yang dioperasikan oleh Planet, perusahaan yang berbasis di San Francisco. Citra satelit yang dirilis minggu lalu menunjukkan area pelabuhan sebelum dan sesudah ledakan terjadi.

Menurut laporan, lebih dari 200 orang diyakini meninggal dunia karena ledakan tersebut, dengan puluhan orang masih menghilang. (Lintang Siltya Utami)

Comments