Orangtua Wajib Tahu, Kenali Ciri-Ciri Anak Berkebutuhan Khusus yang Sering Tak Disadari

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Orangtua Wajib Tahu, Kenali Ciri-Ciri Anak Berkebutuhan Khusus yang Sering Tak Disadari

Orangtua Wajib Tahu, Kenali Ciri-Ciri Anak Berkebutuhan Khusus yang Sering Tak Disadari

KEPONEWS.COM - Orangtua Wajib Tahu, Kenali Ciri-Ciri Anak Berkebutuhan Khusus yang Sering Tak Disadari Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara normal. Hanya saja ada anak-anak yang memang anak berbeda dengan anak pada umumnya lantaran mempunyai keterbatasan atau hambatan...

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara normal. Hanya saja ada anak-anak yang memang anak berbeda dengan anak pada umumnya lantaran mempunyai keterbatasan atau hambatan. Mereka biasa disebut anak berkebutuhan khusus (ABK).

Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang mengalami keterbatasan secara fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional. Keterbatasan atau hambatan itu memengaruhi proses tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, pola pengasuhan kepada ABK membutuhkan penanganan dan perhatian lebih.

Namun terkadang, ada orangtua yang tidak sadar anaknya termasuk kategori ABK. Hal ini dikarenakan secara fisik anaknya terlihat tidak mempunyai masalah. Tapi ternyata, ada tahapan perkembangan anak yang berbeda dengan anak lain. Salah satu tandanya ialah kemampuan bicara, kognitif, dan motorik anak tidak sesuai dengan tahapan perkembangan.

ABK

"Melihat seorang anak itu berkebutuhan khusus atau tidak, patokannya ialah usia dini. Anak mempunyai standar tahapan tumbuh kembang yang sudah ditetapkan oleh profesional. Ketika itu tidak tercapai, orangtua harus waspada," ujar psikolog anak dan pendidikan, Dianda Azani, M. Psi saat ditemui Okezone dalam acara soft opening MS School dan MS Wellbeing, Senin 25 November 2019, di Jakarta.

Selanjutnya

Comments