Oppo Senang Pemerintah Segera Berlakukan Aturan Validasi IMEI

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Oppo Senang Pemerintah Segera Berlakukan Aturan Validasi IMEI

Oppo Senang Pemerintah Segera Berlakukan Aturan Validasi IMEI

KEPONEWS.COM - Oppo Senang Pemerintah Segera Berlakukan Aturan Validasi IMEI Smartphone Oppo Reno. [Tivan Rahmat] Pemerintah Indonesia, sedang menyiapkan peraturan untuk validasi IMEI sebagai pemberantasan smartphone ilegal atau BM. Menyikapi hal ini, Oppo Indonesia menyambut...

Smartphone Oppo Reno. [Tivan Rahmat]

Pemerintah Indonesia, sedang menyiapkan peraturan untuk validasi IMEI sebagai pemberantasan smartphone ilegal atau BM. Menyikapi hal ini, Oppo Indonesia menyambutnya dengan senang.

Seperti diketahui, banyaknya smartphone BM atau Black Market di Tanah Air merugikan banyak pihak. Termasuk para pabrikan smartphone yang resmi memasukkan produknya ke Indonesia.

"Sebagai produsen yang tidak banyak smartphone BM-nya sangat senang (terhadap aturan validasi IMEI). Kalau yang banyak BM-nya pasti keberatan. Kalau saya senang-senang saja," kata PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto selepas peluncuran Oppo K3 di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Menurut Aryo pihaknya sama sekali tidak keberatan dengan kebijakan pemerintah tersebut karena selama ini, Oppo telah mengikuti aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), seperti yang diamanatkan dalam undang-undang.

Bahkan, imbuh Aryo, Oppo bukan hanya mengikuti TKDN dan membangun pabrik mereka di Tanah Air, namun juga menambah jumlah tenaga kerja dan menjalin mitra dengan software lokal.

"Jadi dengan adanya registrasi IMEI, kita malah kebantu banget. Akhirnya apa yang sudah kami jalankan dengan skema TKDN diberikan perlindungan lewat aturan IMEI," sambungnya.

Seperti diwartakan sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Perindustrian sedang menggodok regulasi validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Ilustrasi nomor atau kode IMEI pada sebuah ponsel. [Shutterstock]Ilustrasi nomor atau kode IMEI pada sebuah ponsel. [Shutterstock]

Aturan validasi IMEI ini disusun untuk menekan peredaran smartphone BM atau ilegal di Indonesia. Diperkirakan pemerintah mengalami kerugian sekitar Rp 2,8 triliun setiap tahun karena peredaran smartphone BM.

Bila Oppo Indonesia menyambut gembira aturan Validasi IMEI ini, bagaimana dengan produsen lain? Dan bisakah aturan ini memberantas samrtphone BM di pasaran? ( Tivan Rahmat).

Comments