OPPO R19 Bakal Jadi yang Pertama Pakai MediaTek Helio P80

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

OPPO R19 Bakal Jadi yang Pertama Pakai MediaTek Helio P80

OPPO R19 Bakal Jadi yang Pertama Pakai MediaTek Helio P80

KEPONEWS.COM - OPPO R19 Bakal Jadi yang Pertama Pakai MediaTek Helio P80 Logo MediaTek. (MediaTek) Semenjak chipset flagship Helio X30 dianggap kurang sukses, MediaTek lebih memilih bermain di kelas mid-end. Hingga hadirlah MediaTek Helio P80. Semenjak kegagalan Helio X30...
Loading...

Logo MediaTek. (MediaTek)

Semenjak chipset flagship Helio X30 dianggap kurang sukses, MediaTek lebih memilih bermain di kelas mid-end. Hingga hadirlah MediaTek Helio P80.

Semenjak kegagalan Helio X30 inilah, MediaTek banyak membangun chipset kelas mid-end. Seperti Helio P60, dan yang paling baru diumumkan Helio 70.

Lalu dengan MediaTek Helio P80 inilah, chipset asal Taiwan ini kembali mendekati kelas high-end. Namun belum sepenuhnya terjun ke kelas tersebut.

Sumber: UbergizmoSumber: Ubergizmo

MediaTek Helio P80 ini mempunyai detail mirip dengan chipset 12 nm lainnya garapan TSMC. Yang tidak hanya mengedepankan performa, namun juga dukungan teknologi Ai.

Dilansir dari Gizmochina, MediaTek Helio P80 mempunyai kemampuan pengolahan AI yang sama kuatnya bahkan lebih dari Huawei Kirin 980.

Disebutkan pula kalau Oppo R19 bakal menjadi smartphone pertama yang memakai MediaTek Helio P80. Oppo R19 sendiri dikabarkan akan dirilis tahun depan.

Menurut Taiwan Business Times, MediaTek Helio P60 sempat dianggap sukses saat digunakan Oppo R15. Namun Oppo pindah ke Qualcomm untuk R17.

Oppo R17. (Vaaju)Oppo R17. (Vaaju)

Itulah yang membuat MediaTek berpikir keras untuk membuat chipset Helio berikutnya yang lebih powerfull. Maka hadirlah MediaTek Helio P80.

Menurut sumber suplier dari Taiwan, chipset Helio P80 bakal jadi produk utama dari MediaTek pada semester pertama 2019.

Disebutkan pula kalau MediaTek Helio P80 akan memakai arsitektur ARM octa-core yang mirip dengan P60 atau P70. Namun mendapatkan upgrade di CPU atau GPU.

Karena peningkatan dukungan pada teknologi AI saja masih kurang untuk melawan chipset dari Qualcom dan Huawei. Apa lagi keduanya sudah masuk ke proses fabrikasi 10 nm.

MediaTek Helio vs Qualcomm Snapdragon. (prostotech)MediaTek Helio vs Qualcomm Snapdragon. (prostotech)

Kita tunggu saja seperti apa performa MediaTek Helio P80 yang disebut-sebut bakal digunakan Oppo R19. Kita tunggu di 2019.

Comments