Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pria Ini Sempat-Sempatnya Main Gitar

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pria Ini Sempat-Sempatnya Main Gitar

Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pria Ini Sempat-Sempatnya Main Gitar

KEPONEWS.COM - Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pria Ini Sempat-Sempatnya Main Gitar KEJADIAN unik datang dari seorang pasien bernama Rolden Batista. Ia mengalunkan sebuah lagu lokal dengan gitarnya di ketika ahli bedah melakukan operasi pengangkatan tumor otak.Pria berusia 40 tahun i...

KEJADIAN unik datang dari seorang pasien bernama Rolden Batista. Ia mengalunkan sebuah lagu lokal dengan gitarnya di ketika ahli bedah melakukan operasi pengangkatan tumor otak.

Pria berusia 40 tahun itu diminta untuk bermain gitar di tengah prosedur operasi kompleks. Begitu menakjubkan, alunan pasien itu "mensukseskan" operasi berat yang dilakukan oleh ahli bedah.

"Saya diberitahu bahwa saya harus menjalani operasi dan ada dua metode, yaitu dibius total atau membuat saya sadar selama dioperasi," ungkapnya kepada media lokal.

Batista justru memilih opsi kedua. Bahkan, dokter menyarankannya untuk bermain gitar selama operasi.

Bukan sekadar menghibur, ternyata ada maksud ahli bedah menyuruh Batista bermain gitar. Ia menjelaskan, menyuruh pasien bermain gitar merupakan cara tercepat untuk mengetahui, apakah mereka membuat kesalahan selama prosedur operasi.

Ketika pasien tidak bisa melafalkan lagu, itu memberikan mereka kesempatan untuk memperbaiki kembali pada area otak yang mengontrol gerakan, ucapan, dan indra sebelum terlambat.

Sebelumnya pada 2015, seorang pria asal Brasil membuat para dokter tertegun dengan permainan lagu 'Yesterday' dari The Beatles.

Adapun Roger Frisch, seorang pemain biola, yang mengalami tremor esensial. Ia membantu ahli bedah melalui permainan biola. Sehingga dokter dapat menemukan tempat yang tepat untuk menanamkan elektroda kecil di otaknya. Ahli bedah memintanya untuk bermain biola untuk mengetahui keberhasilan prosedur operasi. Demikian dilansir dari Dailymail, Senin (6/3/2017).

Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pria Ini Sempat-Sempatnya Main Gitar

Comments