Olahraga Sambil Berdonasi Lewat PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019

Nasional

News / Nasional

Olahraga Sambil Berdonasi Lewat PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019

Olahraga Sambil Berdonasi Lewat PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019

KEPONEWS.COM - Olahraga Sambil Berdonasi Lewat PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019 Lebih dari 2 ribu orang berpartisipasi dalam ajang PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019 yang diselenggarakan di daerah MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (23/6) pagi. Ajang tersebut merupakan ajang lari de...

Lebih dari 2 ribu orang berpartisipasi dalam ajang PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019 yang diselenggarakan di daerah MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (23/6) pagi. Ajang tersebut merupakan ajang lari dengan misi sosial untuk mengajak masyarakat peduli terhadap literasi.

PAPERUN 2019 sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama Harian Kompas. Ajang ini mendapatkan animo positif dari masyarakat. Terbukti, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi di tahun ini meningkat hingga 60 persen dari gelaran pertamanya di 2017 lalu.

Direktur Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata, menyatakan seluruh biaya pendaftaran dari ajang ini akan disalurkan dalam bentuk buku ke 68 rumah baca di Indonesia, khusunya empat daerah yang terkena dampak bencana, seperti NTB, Banten, Lampung dan Sulawesi Tenggara.

"Seluruh biaya pendaftaran dari PAPERUN 2019 ini akan didonasikan dalam bentuk buku ke 68 rumah baca, khususnya di empat daerah pascabencana Nusa Tenggara Barat, Banten, Lampung, dan Sulawesi Tenggara. Keempat daerah ini menjadi sasaran utama donasi tahun ini karena kita perlu memulihkan keadaan infrastruktur, demi masa depan anak-anak di sana," ujar Suhendra saat ditemui usai acara di Sinar Mas Land Plaza.

Lebih dari 2 ribu orang berpartisipasi dalam ajang PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019. (Dika/tabloidbintang)

Lebih dari 2 ribu orang berpartisipasi dalam ajang PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019. (Dika/tabloidbintang)

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, menambahkan, ajang ini menjadi ajang yang baik bagi Sinar Mas dan masyarakat luas untuk bersilaturahmi sekaligus menjalankan aktivitas sosial adalah memperkuat literasi di Indonesia dengan memperkaya ragam dan jumlah koleksi bahan bacaan di rumah baca atau perpustakaan.

Sebagai penulis dan juga praktisi pendidikan, Susan Bachtiar mengapresiasi kegiatan PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019 ini. Sebagai seorang guru, Susan memahami betul bahwa budaya membaca buku di Indonesia masih begitu rendah.

"Bukan karena tidak tertarik membaca, tetapi memang buku-buku edukatif berbobot di daerah-daerah masih sangat terbatas. Padahal membaca ialah jendela dunia yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap hidup seseorang," kata Susan Bachtiar.

Tak hanya sebagai ajang untuk memperingati Hari Buku Nasional, PAPERRUN 2019 ini juga diadakan masih dalam semangat memperingati Hari Satwa Langka yang sama-sama jatuh pada tanggal 17 Mei. APP Sinar Mas melihat adanya kolerasi penting antara tingkat literasi dengan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Oleh karenanya, dalam penyelenggaraan kali ini, PAPERRUN 2019 juga mengingatkan masyarakat untuk peduli dengan konservasi satwa liar, khususnya tiga satwa kunci Indonesia adalah harimau, orangutan dan gajah. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya 30 pelari yang mengenakan kostum simbolis dari ketiga satwa tersebut.

Ibnu Jamil ikut& berpartisipasi dalam ajang PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019. (Dika/tabloidbintang)

Ibnu Jamil ikut& berpartisipasi dalam ajang PAPERRUN Charity Fun Run 5K 2019. (Dika/tabloidbintang)

(dika/ari)

Penulis Christiya Dika Handayani

Editor Ari Kurniawan

Comments