Obat-obatan Herbal Tak Selamanya Baik untuk Pasien Kanker, Ini Kata Pakar Kesehatan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Obat-obatan Herbal Tak Selamanya Baik untuk Pasien Kanker, Ini Kata Pakar Kesehatan

Obat-obatan Herbal Tak Selamanya Baik untuk Pasien Kanker, Ini Kata Pakar Kesehatan

KEPONEWS.COM - Obat-obatan Herbal Tak Selamanya Baik untuk Pasien Kanker, Ini Kata Pakar Kesehatan Obat-obatan herbal yang mengandung ekstrak bawang putih dan jahe disebut bisa menghambat penyembuhan luka pada bagian kulit ketika kanker payudara menyebar. Karena itu, para pasien kanker disarankan u...
Loading...

Obat-obatan herbal yang mengandung ekstrak bawang putih dan jahe disebut bisa menghambat penyembuhan luka pada bagian kulit ketika kanker payudara menyebar. Karena itu, para pasien kanker disarankan untuk memberi tahu dokter mereka kalau memakai obat herbal.

Dilansir dari BBC, spesialis bedah, Profesor Maria Joao Cardoso, mengatakan sampai saat ini ia tidak melihat bukti bahwa obat-obatan herbal ataupun krim berhasil menyembuhkan. Jikalau merasa ragu-ragu, menurutnya, lebih baik tidak usah mengonsumsinya.

"Dokter harus lebih proaktif bertanya kepada para pasien mereka, obat-obatan apa lagi yang mereka konsumsi selain pengobatan medis untuk kanker," ungkap Profesor Cardoso, Kepala Ahli Bedah Payudara di Champalimaud Cancer Centre di Lisbon, Portugal, kepada BBC.

Infografis

Ia mengatakan, para pasien kanker harus mengonsultasikan dengan dokter mereka terlebih dahulu, sebelum mencoba terapi alternatif untuk kanker yang telah menyebar ke kulit. Ini terjadi pada satu dari lima kasus kanker payudara.

Banyak produk disebut bisa mengganggu terapi hormon atau perawatan kemoterapi, dan itu berbahaya serta dapat mengakibatkan pembekuan darah dalam waktu lama. Hal inilah yang membuat penyembuhan luka menjadi sangat lama dan menyebabkan lebih banyak jaringan parut.

Berikut ini ialah kandungan produk herbal yang menurut Prof Maria Joao Cardoso bisa mengakibatkan pembekuan darah:

Teh

Daun chiretta hijau

Daun feverfew

Bawang putih

Ekstrak daun ginkgo

Ginseng

Daun hawthorn

Buah berangan kuda

Kunyit

Selanjutnya

Comments