Nutrisi Terbaik yang Harus Diperoleh Perempuan Selama Menopause untuk Tetap Sehat

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Nutrisi Terbaik yang Harus Diperoleh Perempuan Selama Menopause untuk Tetap Sehat

Nutrisi Terbaik yang Harus Diperoleh Perempuan Selama Menopause untuk Tetap Sehat

KEPONEWS.COM - Nutrisi Terbaik yang Harus Diperoleh Perempuan Selama Menopause untuk Tetap Sehat KETIKA memasuki masa menopause, perempuan akan menghadapi banyak masalah kesehatan. Nah, berhubung memperingati Hari Perempuan Internasional, kita akan membahas pentingnya menjaga kesehatan selama men...

KETIKA memasuki masa menopause, perempuan akan menghadapi banyak masalah kesehatan. Nah, berhubung memperingati Hari Perempuan Internasional, kita akan membahas pentingnya menjaga kesehatan selama menopause.

Ketika mendekati usia 50 tahun atau masa menopause, di mana siklus menstruasi akan sepenuhnya berhenti, perempuan akan mengalami perubahan hormonal yang serius. Hal ini sering menyebabkan masalah kesehatan, seperti perubahan suasana hati, kurang tidur dan iritasi infeksi saluran kemih.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah menopause tersebut, di antaranya mengatur pola makan. Berikut ialah beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi selama menopause seperti dilansir dari laman Boldsky, Rabu (8/3/2017).

Makanan kaya serat

Perempuan umumnya mengalami kenaikan berat badan selama menopause, karena perubahan hormon. Menambahkan makanan kaya serat, seperti biji-bijian, memperbanyak sayur dan buah akan membantu mencegah kenaikan berat badan.

Asam lemak omega 3

Perempuan berada pada risiko yang lebih besar terkena masalah jantung setelah menopause. Karena itu, menambahkan asam lemak omega 3, akan membantu dalam mengurangi kolesterol jahat yang merupakan salah satu faktor pencetus masalah jantung.

Makanan kaya zat besi

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang dihadapi oleh perempuan dari segala usia. Menambahkan makanan kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau, telur, buah delima dalam diet harian ialah keharusan. Karena, hal ini untuk mencegah anemia dan masalah kesehatan lainnya yang terkait.

Makanan kaya kalsium

Menopause merupakan salah satu kondisi yang paling penting, di mana pada usia ini wanita lebih rentang terhadap degenerasi tulang dan risiko mengembangkan osteoporosis. Karena itu, makanan kaya kalsium seperti produk susu, sayuran berdaun gelap, salmon dan biji wijen dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium hariannya.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang harus diperoleh perempuan selama menopause. Hal ini akan membantu mencegah pengeroposan tulang. Produk susu, santan, atau susu almond dan sinar matahari pagi merupakan sumber terbaik dari vitamin D.

Karbohidrat

Fluktuasi kadr hormon merupakan salah satu masalah kesehatan utama di antara perempuan selama menopause. Hal ini sering menyebabkan penurunan serotonin yang mengarah pada perubahan suasana hati atau mood. Makanan kaya karbohidrat seperti biji-bijian yang sehat akan memberikan bantuan mnegatasi masalah ini.

Minum banyak air

Perubahan hormonal yang dialami perempuan selama menopause dapat membuat mereka sering merasa sangat haus dan kembung. Nah, minum banyak air selama periode ini akan membantu mencegah kedua masalah tersebut.

Vitamin B

Perempuan selama menopause sering mengalami perubahan suasana hati, karena hormonal kurang stabil. Belum lagi masalah kekurangan energi dan masalah kesehatan lain yang mereka hadapi. Vitamin B dari produk kedelai, susu rendah lemak, telur, sereal perlu dimasukkan dalam menu harian untuk membantu mencegah perubahan suasana hati dan menjadi sumber energi yang baik.

Nutrisi Terbaik yang Harus Diperoleh Perempuan Selama Menopause untuk Tetap Sehat

Comments