NTT Papua dan Maluku Wakili Indonesia di Pacific Exposition 2019

Internasional

News / Internasional

NTT Papua dan Maluku Wakili Indonesia di Pacific Exposition 2019

NTT Papua dan Maluku Wakili Indonesia di Pacific Exposition 2019

KEPONEWS.COM - NTT Papua dan Maluku Wakili Indonesia di Pacific Exposition 2019 JAKARTA-Lima Provinsi di daerah Indonesia timur; Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT mewakili Indonesia dalam pameran the 1st Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, 11-14 Jul...

JAKARTA-Lima Provinsi di daerah Indonesia timur; Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT mewakili Indonesia dalam pameran the 1st Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru, 11-14 Juli 2019 mendatang.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya mengungkapkan partisipasi kelima provinsi tersebut di Pacific Exposition merupakan terobosan dalam konteks hubungan Indonesia bagian timur dengan Pasifik.

Ini momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia akan tampil bersama seluruh bangsa Pasifik dalam melakukan promosi Perdagangan, Investasi dan Pariwisata secara bersama kata Dubes Tantowi.

Sebagai bagian dari Pasifik, selain promosi dagang, partisipasi kelima provinsi tersebut juga akan dalam bentuk penampilan seni dan budaya yang lekat dengan budaya daerah ini.

"Indonesia Timur mempunyai keindahan alam dan budaya yang unik yang berbeda dari tempat lain di Indonesia karena secara geografis terletak di Samudera Pasifik,"Dirjen Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid menambahkan.

18 Negara di Pasifik akan Ikut Pacific Exposition 2019 di Skycity Auckland

"Melalui partisipasi ke lima provinsi tersebut, Indonesia akan menunjukkan kepada dunia bagaimana budaya Pasifik juga berkembang pesat di Indonesia," kata dia.

"Indonesia mempunyai modal besar, adalah sumberdaya manusia. Di lima provinsi di sebelah timur itu penduduknya juga orang Melanesia yang jumlahnya melampaui jumlah penduduk negara-negara Pasifik secara keseluruhan," lanjutnya.

Pasific Exposition276 Pasific Exposition

"Dan di Indonesia kebudayaan Melanesia ini terus dilestarikan oleh para pemangku kepentingan,"Hilmar menegaskan.

Babak Baru Diplomasi Indonesia di Pasifik

Akses ke pasar Pasifik

Presiden Jokowi dalam rapat Kabinet terbatas beberapa waktu lalu memberikan arahan kepada beberapa Menteri untuk mulai memberikan perhatian kepada Pasifik.

Pameran yang akan berlangsung di Auckland ini ialah manifestasi dari keinginan Presiden tersebut dan berjalan searah dengan tekad beliau untuk membangun Papua dan daerah timur Indonesia.

Pasific Exposition 2019 Pasific Exposition 2019 (ISTIMEWA)

Beberapa waktu lalu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan, Pacific Exposition merupakan upaya Indonesia dalam rangka menciptakan hubungan dan jaringan sesama negara di Pasifik dimana termasuk Indonesia didalamnya.

"Kita memanfaatkan momentum ini, menunjukkan dan mempromosikan seluruh potensi ekonomi, investasi dan pariwisata Indonesia bagian timur ke Pasifik," katanya.

Pameran Pasifik Exposition merupakan inisiatif Indonesia yang didukung penuh oleh Pemerintah Australia dan Selandia Baru dalam rangka menjadikan Pasifik sebagai kekuatan ekonomi baru.

Comments