NITE Jepang: Jangan Gunakan Air Asam Hipoklorit untuk Tujuan Disinfektan Covid-19

Internasional

News / Internasional

NITE Jepang: Jangan Gunakan Air Asam Hipoklorit untuk Tujuan Disinfektan Covid-19

NITE Jepang: Jangan Gunakan Air Asam Hipoklorit untuk Tujuan Disinfektan Covid-19

KEPONEWS.COM - NITE Jepang: Jangan Gunakan Air Asam Hipoklorit untuk Tujuan Disinfektan Covid-19 Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Kantor Institut Nasional Teknoalogi dan Evaluasi NITE Inc., telah mengumumkan hasil sementara bahwa efektivitas "air asam hipoklorida...

Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang

TOKYO - Kantor Institut Nasional Teknoalogi dan Evaluasi NITE Inc., telah mengumumkan hasil sementara bahwa efektivitas "air asam hipoklorida", yang banyak digunakan untuk tujuan disinfektan virus corona baru, belum dikonfirmasi pada saat ini.

NITE mengimbau untuk tidak menggunakannya sebagai semprotan karena tidak mempunyai bukti keamanan yang ilmiah.

Semua Pegawai Front Office Bank Mandiri Kini Wajib Gunakan Sarung Tangan dan Masker

NITE dan yang lainnya sedang melanjutkan dengan verifikasi metode desinfeksi coronavirus baru untuk menggantikan desinfektan alkohol, dan mengumumkan hasil sementara untuk "air asam hipoklorida", Jumat (29/5/2020).

Dalam verifikasi, dua lembaga penelitian menguji apakah air hipoklorit dengan keasaman berbeda dan konsentrasi klorin efektif untuk mendisinfeksi virus corona bisa terjamin atau tidak.

Akibatnya, beberapa data tampaknya melemahkan efektivitas terhadap virus, tetapi ada juga data yang tidak menunjukkan efek yang memadai, sehingga efektivitasnya tidak dapat dikonfirmasi, alias tak bisa digunakan untuk antisipasi terhadap virus corona.

"Di masa mendatang, kami akan terus memverifikasi kasus-kasus seperti ketika konsentrasi klor meningkat," ungkap eksekutif NITE kemarin.

KPK Minta Masyarakat Pro Aktif Laporkan Sangkaan Penyalahgunaan Bansos

Selain itu, NITE mengatakan bahwa sudah ada beberapa kasus di mana air hipoklorit dijual dengan penyemprotan sebagai pensteril ruang.

Tidak ada metode ilmiah yang ditetapkan untuk mengevaluasi keamanan terhadap tubuh manusia.

"Kami juga merilis dokumen yang memperkenalkan bahwa penyemprotan desinfektan tidak direkomendasikan secara internasional," ujarnya.

"Tolong jangan menyemprot dengan humidifier atau menggunakannya dengan botol semprotan di tangan, jari, atau kulit Kamu karena tidak ada dasar ilmiah untuk keamananny," demikian imbauan NITE.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

NITE Jepang: Jangan Gunakan Air Asam Hipoklorit untuk Tujuan Disinfektan Covid-19

Comments