Nikmati Sensasi Masakan dengan Aksesoris Jadul di Pilahan Yogyakarta

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Nikmati Sensasi Masakan dengan Aksesoris Jadul di Pilahan Yogyakarta

Nikmati Sensasi Masakan dengan Aksesoris Jadul di Pilahan Yogyakarta

KEPONEWS.COM - Nikmati Sensasi Masakan dengan Aksesoris Jadul di Pilahan Yogyakarta Ingin menikmati sensai masakan khas tempo dulu, sekaligus berfotoria di dekat aksesoris bernuansa jadul? Satu di antaranya dapat datang ke lokasi masakan Tempat Makan Tambir di Pilahan Yogya. Aneka je...

Ingin menikmati sensai masakan khas tempo dulu, sekaligus berfotoria di dekat aksesoris bernuansa jadul? Satu di antaranya dapat datang ke lokasi masakan Tempat Makan Tambir di Pilahan Yogya.

Aneka jenis masakan yang disediakan secara prasmanan ialah makanan khas Jawa bernuansa jadul. Jenisnya antara lain wujud lodeh, sayur asem, bening sampai oseng-oseng. Sedangkan bahan sayurnya seperti lompong, kembang pisang (jantung), kluwih, terung, daun kelor, pare dan nangka muda.

Agar cita rasa masakan khas di sini benar-benar jadul, kami mempunyai juru masak dua ibu-ibu sudah berumur di atas 60 tahun. Semua sudah piawai memasak aneka masakan tempo dulu, ungkap pengelola Tempat Makan Tambir, Bety Beatris, baru-baru ini.

Selain tersedia aneka masakan jadul, pihaknya juga memasang banyak tambir dengan ukuran diameter bervariasi. Mayoritas ditempel pada dinding, namun ada juga yang digantung. Tak ketinggalan di bagian depan juga dipajang lesung (jaman dulu biasa digunakan untuk menumbuk padi). Tak ketinggalan kendhi-kendhi yang ada isinya air minum putih dan setiap konsumen boleh meminum air di kendhi tanpa ditarik biaya alias gratis.

Benda-benda tempo dulu seperti itu ternyata malah bisa menjadi daya tarik tersendiri, bahkan dapat dijadikan spot foto atau latar belakang swa-foto, beber Betty.

kuliner

Khususnya tambir, lanjutnya, mempunyai kegunaan multi fungsi. Benda terbuat dari anyaman kulit bambu ini antara lain bisa dijadikan nampan yang efektif dan efisien. Dalam penggunaan yang wajar tambir bisa awet sampai kisaran 10 tahun. Beberapa jenis bumbu, seperti bawang merah/putih, daun salam, lombok dan rempah lain akan lebih awet juga ditaruh di tambir.

Bentuknya yang bulat juga dapat kami simbolkan rezeki yang tak ada putusnya. Lalu ketika ada konsumen memesan masakan model dhahar kembul dan memilih memakai tambir, kami mempunyai stok tambir tersendiri. Makan model dhahar kembul dapat menjadi sarana mempererat persaudaraan, jaman dulu sudah banyak yang menerapkannya, urai Betty.

Adapun jenis minuman di lokasi masakan tersebut, antara lain ada jahe gula merah, es asam kawak, wedang tomat dan wedang sirup. Bahan pembuatan maupun resep sirup menerapkan tempo dulu, sehingga rasa sirup lebih khas. Selain itu tersedia makanan ringan, seperti pisang goreng, singkong goreng serta mendoan. Makanan ini dimasak ketika ada pesanan, sehingga saat disajikan masih hangat

(hel)

Comments