Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!

Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!

KEPONEWS.COM - Nikah Demi Air, Cuma Ada di India! Denganmal - Pernikahan biasanya berlandaskan cinta. Tapi di pedalaman India, ada tradisi unik yang mungkin bisa dijumpai wisatawan yaitu 'water wives', perempuan yang dinikahi demi mendapatkan air.Dil...

Denganmal - Pernikahan biasanya berlandaskan cinta. Tapi di pedalaman India, ada tradisi unik yang mungkin bisa dijumpai wisatawan yaitu 'water wives', perempuan yang dinikahi demi mendapatkan air.

Dilihat detikTravel dari Reuters, Kamis (4/1/2017) di beberapa wilayah di India, masih ada daerah-daerah yang dilanda kemiskinan. Salah satunya Desa Denganmal, pedalaman Provinsi Maharastra, sekitar 110 km dari Mumbai. Desa ini krisis akan air bersih.

Untuk itulah, ada yang namanya water wives atau istri air. Para wanita ini kebanyakan ialah para janda yang diabaikan oleh keluarganya.

Salah satunya merupakan keluarga Sakhram Bhagat, (66). Ia memiliki 3 istri, dua di antaranya dinikahi untuk memastikan keluarganya tidak kekurangan air.

 Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!Foto: (Danish Siddiqui/Reuters) "Istri pertama saya sibuk dengan anak-anak. Ketika istri kedua saya jatuh sakit dan tidak dapat mengambil air, saya menikahi yang ketiga." ujar Bhagat.

Bhagat dan keluarganya menderita yang akan terjadi kekurangan air minum yang kritis di desa-desa di India. Kebanyakan pria di desa ini bekerja sebagai buruh tani, gajinya pun di bawah umr.

Walaupun poligami ilegal di India, istri air menjadi hal yang biasa di Denganmal. Hal ini sudah berlangsung cukup lama, hanya agar tiap rumah tangga memiliki air yang cukup setiap harinya.

 Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!Foto: (Danish Siddiqui/Reuters) "Tidak mudah memiliki keluarga besar bila tidak ada air," kata Namdeo, warga desa lain yang memiliki dua istri.

Istri Bhagat tinggal di rumah yang sama dengannya namun memiliki kamar dan dapur yang terpisah. Dua di antaranya dipercayakan dengan mengambil air, sementara yang ketiga mengelola dapur.

"Kita seperti saudara perempuan, kami saling membantu. Terkadang kita mungkin memiliki masalah, tapi kita menyelesaikannya di antara kita sendiri." ujar Tuki, salah satu istri Bhagat. (bnl/fay)

Comments