Nih, Tips Modifikasi Ringan Mobil yang Tidak Norak!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Nih, Tips Modifikasi Ringan Mobil yang Tidak Norak!

Nih, Tips Modifikasi Ringan Mobil yang Tidak Norak!

KEPONEWS.COM - Nih, Tips Modifikasi Ringan Mobil yang Tidak Norak! TANGERANG - Supaya tampil berbeda dengan yang lain, pemilik kendaraan biasanya memodifikasi mobilnya. Tapi, sebelum memutuskan untuk memodifikasi, ada baiknya konsumen menentukan tema serta arah modif...

TANGERANG - Supaya tampil berbeda dengan yang lain, pemilik kendaraan biasanya memodifikasi mobilnya. Tapi, sebelum memutuskan untuk memodifikasi, ada baiknya konsumen menentukan tema serta arah modifikasi supaya mobil tidak terkesan norak.

Selain itu, yang perlu dicatat merupakan apakah mobil yang dimodifikasi akan digunakan sebagai kendaraan harian atau sekadar untuk mengikuti kontes modifikasi.

Bila masih digunakan sebagai kendaraan harian, lebih baik memilih konsep modifikasi yang simpel, tidak terlalu ektrem atau banyak bagian yang diubah.

"Kalau untuk memodifikasi kendaraan tentunya kita harus melihat apakah kendaraan tersebut kita pakai harian atau untuk show. Tapi kalau untuk pakai harian lebih kepada tema yang simpel yang dapat diaplikasikan. Terus perhatikan juga utilitas dan keamanan untuk berkendara dan juga grafis yang kita pakai itu harus seimbang. Sehingga di ketika kita aplikasikan untuk kendaraan tersebut hasil modifikasi bisa berfungsi dengan baik," terang Tomi Gunawan, builder dari bengkel modifikasi Tomi Airbrush, di Tangerang, Banten, Rabu (16/8/2017).

Untuk bagian eksterior, lanjut dia, lebih baik ditambahkan stiker yang banyak dijual di pasaran. Sebagai catatan, pilih stiker yang sesuai selera dan cocok bila diterapkan di mobil. Bila kurang puas, ganti warna bodi mobil dengan yang baru, bisa memilih mengunakan material cat atau stiker. Selain menjadi tampil beda, mobil terlihat lebih segar.

"Modifikasi simpel itu seperti pergantian warna, gunakan striping-stiping yang simpel, yang tidak terlalu norak mungkin bisa menggunakan stiker yang sudah ada dari OEM (original manufacturer equipment) atau dari tim balap. Misalkan mobil ingin mengambil kesan sporty, kan kadang-kadang dari produsen mobil tertentu ada stiker balapnya, bisa dikuti dari situ. Bisa juga bila kita mempunyai ide dan kreativitas sendiri, ya bisa bikin stiker yang sesuai dengan garis bodi," terang Tomi.

Sementara itu untuk penggantian pelek, Tomi menyarankan jangan mengubah dengan ukuran yang lebih besar. Alasannya adalah bisa membuat kenyamanan ketika mengemudi berkurang. "Kalau besar itu kadang-kadang masalah di manufer, seperti susah belok atau ada lubang menjadi lebih sulit dikendarai," ungkapnya.

Bila ingin tampil lebih mencolok namun sederhana, bisa menambahkan body kit atau ground clereance mobil diturunkan sedikit sehingga terkesan elegan.

"Jangan terlalu ceper sekali karena kan banyak jalan rusak dan juga polisi tidur yang bisa membuat bagian bawah mobil mentok. Usahakan jarak bodi dan aspal masih masuk untuk digunakan jalan sehari-hari. Maksimal diturunkan dari mobil standar yaitu 5 sentimeter," pungkas Tomi.

Nih, Tips Modifikasi Ringan Mobil yang Tidak Norak!

Comments