Nih Cara Unduh Data Pribadi Kamu di WhatsApp

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Nih Cara Unduh Data Pribadi Kamu di WhatsApp

Nih Cara Unduh Data Pribadi Kamu di WhatsApp

KEPONEWS.COM - Nih Cara Unduh Data Pribadi Kamu di WhatsApp Kabar bagus bagi pengguna WhatsApp. Software pesan instan milik Facebook itu merilis fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengunduh data yang telah dibagi pada platform tersebut. Fitur untuk mengu...
Loading...

Kabar bagus bagi pengguna WhatsApp. Software pesan instan milik Facebook itu merilis fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengunduh data yang telah dibagi pada platform tersebut. Fitur untuk mengunduh data yang telah dibagi pengguna di WhatsApp dinamakan Request Account Info.

Fitur ini bakal hadir ke seluruh pengguna WhatsApp di dunia dalam beberapa pekan ke depan.

"Di minggu-minggu ke depan, Anda akan dapat mengunduh dan melihat data terbatas yang kami kumpulkan. Fitur ini akan diluncurkan ke semua pengguna di seluruh dunia di versi software terbaru," ujar WhatsApp dikutip dari blog perusahaan, Rabu 25 April 2018.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meminta dan mengekspor data berita akun dan pengaturan WhatsApp, misalnya data foto profil sampai nama grup.

"Catatan kami, laporan ini tidak termasuk pesan Anda (di WhatsApp)" terang WhatsApp.

Dalam pengumumannya, WhatsApp mengatakan, pengguna nantinya akan diberitahu langsung saat fitur tersebut telah tersedia. Bentuk notifikasi yang muncul yaitu pesan berupa laporan akun Anda siap diunduh. Untuk mengunduh laporan data, pengguna harus mengirimkan permintaan unduhan data dan kemudian bisa mengunduhnya bila sudah tersedia.

Tahap meminta unduhan laporan data:

1. Akses Pengaturan (Settings) WhatsApp
2. Pilih Akun (Account)
3. Pilih Request account info
4. Ketuk Request report
5. Layar akan memperbaharui ke Request sent

Laporan yang diminta pengguna akan tersedia dalam waktu 3 hari semenjak mengirimkan permintaan. Begitu laporan data pengguna tersedia, pengguna akan mendapatkan notifikasi lanjutan di ponsel.

Nantinya fitur Request Account Info juga akan memberi tahu pengguna sudah berapa kali mengunduh laporan data mereka. WhatsApp juga mengatakan, mereka akan menghapus data pengguna dari server mereka.

Sorot Facebook - Media Sosial Facebook Whatsapp

WhatsApp juga memberikan panduan tahap demi tahap untuk mengunduh data laporan pengguna. Tentunya untuk mendapatkan fitur ini, pengguna harus memastikan sudah menjalankan versi paling terbaru dari WhatsApp.

Tahap mengunduh dan mengekspor laporan data

1. Akses Pengaturan (Settings) pada WhatsApp
2. Pilih Akun (Account)
3. Pilih Request account info
4. Dan terakhir unduh laporan
5. Setelah itu nanti file ZIP akan diunduhkan ke ponsel pengguna. File tersebut termasuk file HTML yang mudah dilihat pengguna dan file JSON yang bisa dipindah ke software lain
5. Begitu file ZIP tersebut berhasil diunduh ke ponsel pengguna, pilih Export report.

WhatsApp memberi catatan, pengguna tidak akan bisa meihat laporan data yang diunduh dalam WhatsApp. Untuk itu, pengguna diarahkan untuk mengirimkan data laporan yang diunduh ke software lain bisa email dan lainnya.

"Karena laporan memiliki berita pribadi Anda, Anda harus berhati-hati saat menyimpan, mengirim, atau mengunggahnya ke layanan lain," tulis WhatsApp.

Loading...

Comments