Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM

Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM

KEPONEWS.COM - Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM Marketing campaign tidak hanya bisa dilakukan oleh brand besar, namun juga bisa diterapkan dalam level UMKMMarketing campaign. (Niagahoster) Marketing campaign...

Marketing campaign tidak hanya bisa dilakukan oleh brand besar, namun juga bisa diterapkan dalam level UMKM

Marketing campaign. (Niagahoster)

Marketing campaign yang baik tidak hanya dianjurkan untuk para brand besar, sekelas UMKM juga bisa memanfaatkan. Bagaimana marketing campaign dapat dilakukan UMKM melalui internet dan sosmed dalam mempromosikan aspek tertendu bisnisnya.

Beberapa brand di Indonesia terkenal dengan slogan mereka yang membekas di ingatan walaupun sudah lama tidak digunakan dalam iklan mapun promo yang mereka lakukan. Hal tersebut merupakan hasil dari marketing campaign yang baik.

Dilansir dari blog Niagahoster, marketing campaign ialah taktik untuk mempromosikan suatu aspek tertentu dari usaha. Misalnya untuk meningkatkan brand awareness, atau untuk mendapatkan feedback dari konsumen.

Marketing campaign tidak hanya bisa dilakukan oleh brand besar, namun juga bisa diterapkan dalam level UMKM. Hal tersebut dibahas tuntas dalam Kelas Telegram 10.0 Niagahoster, Rabu (21/9/2022). Nia Rezky Mardhatillah, Ketua PPI TV Writer, bertindak sebagai pemateri dalam kelas yang bertajuk "Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif untuk UKM" tersebut.

Banyak sekali manfaat pun bisa didapatkan dari marketing campaign. Antara lain mempopulerkan brand atau usaha dalam lingkup yang lebih luas, semakin banyak yang tertarik dengan usaha atau produk, sehingga menambah jumlah penjualan.

Ilustrasi Digital Agency. (Niagahoster)Ilustrasi Digital Agency. (Niagahoster)

Taktik Marketing Campaign yang Efektif untuk UMKM

Dalam kesempatan Kelas Telegram Niagahoster, Nia memaparkan ada 3 taktik marketing campaign yang bisa dilakukan oleh UMKM memakai platform internet dan sosmed. Yang pertama merupakan From Push to Pull, yaitu taktik yang paling tepat digunakan untuk mempromosikan produk.

"Taktik From Push to Pull merupakan membuat customer penasaran dengan produk yang kita tawarkan. Misalnya memakai kalimat seperti "Limited stock" atau "Limited color" yang menarik perhatian calon pelanggan," ujarnya.

Kemudian ada taktik "Do Musim Be Demam isu" yang menekankan pada mengikuti tren yang sedang viral untuk mempromosikan brand. Taktik ini, lanjut Nia, pasti sudah banyak diterapkan oleh UMKM yang mempunyai sosmed yang aktif mengunggah konten. Dengan mengikuti tren yang sedang viral, produk dan usaha pun tidak ketinggalan dari apa yang dicari di pasaran.

"Berikutnya ialah taktik Be Our Part yang mengajak customer menjadi bagian dari brand dengan interaksi yang menyenangkan. Seperti memakai hashtag, mengadakan giveaway, atau membagikan cerita mereka dalam tema yang terkait," jelasnya.

Jangan Malu untuk Mencoba

Untuk mengetahui lebih dalam perihal marketing campaign dan taktik yang paling efektif untuk jenis usaha yang dilakukan, Nia menyarankan UMKM untuk terus belajar dengan mengikuti kelas, membaca, melakukan riset, dan mengamati apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini.

Dilansir dari Forbes, sosmed dan internet sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan di era digital. Sehingga, di sana ada customer potensial yang aktif. Usaha pun harus bisa memanfaatkan hal tersebut dalam membuat taktik marketing.

"Jadi jangan pernah malu atau ragu untuk mencoba memakai banyak sekali taktik marketing sampai menemukan formula yang paling tepat. Bila tidak tercapai, analisa lagi apa yang membuat hal itu terjadi. Mungkin tidak langsung ramai atau viral dalam sekali percobaan. Tapi setidaknya bila usaha berkembang sedikit demi sedikit, itu sudah menjadi permulaan yang bagus," tutupnya.

Comments