Ngotot Naturalisasi Kevin Diks, Kasus Ezra Walian Bakal Terulang

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Ngotot Naturalisasi Kevin Diks, Kasus Ezra Walian Bakal Terulang

Ngotot Naturalisasi Kevin Diks, Kasus Ezra Walian Bakal Terulang

KEPONEWS.COM - Ngotot Naturalisasi Kevin Diks, Kasus Ezra Walian Bakal Terulang PSSI dihadapkan dengan wacana menaturalisasi Kevin Diks Bakarbessy. Pemain berusia 23 tahun yang kini menjadi milik klub Serie A, Fiorentina. Akan tetapi, PSSI menolak desakan tersebut. Menurut mereka...

PSSI dihadapkan dengan wacana menaturalisasi Kevin Diks Bakarbessy. Pemain berusia 23 tahun yang kini menjadi milik klub Serie A, Fiorentina.

Akan tetapi, PSSI menolak desakan tersebut. Menurut mereka, tidak mudah untuk menaturalisasi Kevin Diks, dan nantinya malah akan terulang kasus yang dialami Ezra Walian.

Kevin Diks Bukan Incaran PSSI, Tak Berguna untuk Piala Dunia U-20

Ezra yang sudah dinaturalisasi tak bisa membela Timnas Indonesia di ajang resmi naungan FIFA. Termasuk juga bermain di Piala AFC bersama PSM Makassar.

Karena dalam catatan FIFA, Ezra masih berkewarganegaraan Belanda. Alhasil, di Piala AFC bersama PSM, statusnya masih dianggap sebagai pemain asing.

Pemain tim nasional U-23 Indonesia Ezra Walian saat mengikuti sesi latihan di lapangan Vietnam Footbal Federation (WFF), My Dinh, Hanoi, Vietnam

Hal itu disebabkan Ezra pernah membela Timnas Belanda U-17 pad kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Dan hal serupa pernah pula dilakoni oleh Kevin Diks.

Mengutip Transfermarkt, Kevin Diks tampil dalam laga kualifikasi Piala Eropa U-21 2018 bersama Timnas Belanda U-21. Jadi, andai dia dinaturalisasi oleh PSSI, kendalanya tetap ada di kemudian hari.

''Ini yang pernah dialami Ezra Walian sehingga gagal melakoni pertandingan-pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2020," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

"Ezra tidak bisa memperkuat Indonesia karena dia pernah bermain di Timnas Belanda di level yunior pada kompetisi resmi UEFA,'' imbuhnya.

Fiorentina membeli Kevin Diks dari Vitesse semenjak 2017. Dia kerap dipinjamkan ke klub lain, seperti Feyenoord, Empoli, dan yang terakhir Aarhus.

Comments