Ngeri, HP Meledak Bikin Rumah Nyaris Terancam Kebakaran, Ketahui Sebab dan Penangkalnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ngeri, HP Meledak Bikin Rumah Nyaris Terancam Kebakaran, Ketahui Sebab dan Penangkalnya

Ngeri, HP Meledak Bikin Rumah Nyaris Terancam Kebakaran, Ketahui Sebab dan Penangkalnya

KEPONEWS.COM - Ngeri, HP Meledak Bikin Rumah Nyaris Terancam Kebakaran, Ketahui Sebab dan Penangkalnya Kasus HP terbakar bahkan meledak memang jamak ditemui, dan perlu diketahui bahwa hal ini terkadang bisa memicu masalah besar. Seperti yang terlihat pada unggahan akun Instagram @igtainmenttt, Minggu (...

Kasus HP terbakar bahkan meledak memang jamak ditemui, dan perlu diketahui bahwa hal ini terkadang bisa memicu masalah besar.

Seperti yang terlihat pada unggahan akun Instagram @igtainmenttt, Minggu (4/12/2022), di mana terlihat sebuah ponsel berwarna pink (atau rose gold), yang mengeluarkan asap saat tergeletak di meja.

- Perbedaan CD R dan CD RW: Lengkap dengan Keunggulan Masing-Masing - 11 Fakta Pembelahan Sel yang Perlu Kamu Ketahui - Fakta Miris yang Terjadi di Pabrik iPhone di China, Produksi Terhambat Gara-Gara Hal Ini

Berdasarkan petunjuk visual, diduga smartphone ini berjenis Xiaomi Mi A1.

Pengunggah video tersebut mengatakan bahwa meledaknya HP ini membuat rumah nyaris kebakaran.

"Malam-malam rumah hampir kebakaran, HP tiba-tiba terbakar, asapnya banyak sekali," tulisnya pada unggahan video tersebut.

"Ya Allah sumpah ngeri, rasanya bersyukur masih dilindungi, asapnya sudah agak reda baru saya berani merekam, sebelumnya asap pekat mengepul di kamar, teman-teman harap hati-hati sama perangkat elektronik," pungkasnya.

USB C atau USB type-C. (Pixabay)USB C atau USB type-C. (Pixabay)

Dikutip dari Eraspace, ternyata ini kemungkinan alasannya adalah HP meledak atau terbakar yang bisa dicegah.

Alasannya adalah tersebut antara lain penggunaan charger yang tidak original atau tidak sesuai peruntukannya. Hal ini menyebabkan suhu baterai meningkat dan bisa memicu HP terbakar.

Selain itu, kondisi HP yang tertutup sehingga membuat suhu saat pengecasan makin tinggi, hal serupa bisa terjadi jikalau smartphone tetap digunakan saat di-charge.

Garis besarnya ialah pastikan ponsel kesayangan kamu tetap dalam suhu dingin atau normal saat melakukan pengecasan, jikalau suhu naik hingga pada kadar tak normal, segera cabut ponsel dari chargernya.

Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)

Selain itu, sinsinyur kelistrikan dan menjabat sebagai direktur keselamatan konsumen di UL (Underwriters Laboratories), John Drengenberg mengatakan bahwa asap dari baterai lithium ion berbahaya.

Ia mengatakan bahwa asap tersebut beracun, dan jikalau ada orang yang sedang hamil atau anak-anak dan juga lansia, mereka wajib untuk menghindar dari menghirup asap tersebut.

Dregenberg mengatakan bahwa jikalau ada HP terbakar, maka pantang untuk disiram dengan air.

Alih-alih demikian, ia menyarankan untuk mengubur atau menabur banyak pasir/tanah pada gadget yang terbakar.

Comments