Ngantuk Setelah Makan Siang, Normalkah atau Ada Gejala Penyakit?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ngantuk Setelah Makan Siang, Normalkah atau Ada Gejala Penyakit?

Ngantuk Setelah Makan Siang, Normalkah atau Ada Gejala Penyakit?

KEPONEWS.COM - Ngantuk Setelah Makan Siang, Normalkah atau Ada Gejala Penyakit? MAKAN siang sangatlah penting karena bisa membuat kita kembali mendapatkan energi agar bisa beraktifitas dengan maksimal. Makan siang akan terasa nikmat kalau Kamu menyantap makanan kesukaan Kamu. Nam...

MAKAN siang sangatlah penting karena bisa membuat kita kembali mendapatkan energi agar bisa beraktifitas dengan maksimal. Makan siang akan terasa nikmat kalau Kamu menyantap makanan kesukaan Kamu. Namun setelah makan siang, banyak orang yang diserang rasa kantuk. Mengapa?

Ternyata hal ini merupakan satu hal yang normal loh! Menurut seorang Ahli Gizi, dr. Jovita Amelia SpGK, rasa kantuk yang melanda setelah makan siang merupakan proses fisologis tubuh dan hal itu memang terjadi secara alamiah.

"Sehabis makan siang terus mengantuk itu termasuk proses fisiologis tubuh. Karena makanan masuk ke dalam tubuh kita terus dicerna oleh tubuh di bagian perut, di lambung, di usus. Karena aktifnya bagian situ jadi pembuluh darah banyak yang mengalir ke bagian itu. Jadi peredaran darah ke tempat lain termasuk ke otak pun jadi berkurang, karena itulah kita ngantuk. Itu alamiah sih" papar dr. Jovita Amelia kepada Okezone, Kamis (11/07/2019).

Untuk mengatasi kantuk yang melanda, dr. Jovita menyarankan agar tidak makan siang dengan porsi yang terlalu banyak. Ia juga menyarankan untuk mengonsumsi kopi asli (bukan kopi instan) tanpa gula sedikit saja agar kafein dalam kopi bisa mengusir rasa kantuk.

Mengantuk

Selain itu, dalam pemilihan menu makan siang pun harus memperhatikan komposisinya. dr. Jovita menyarankan agar menu makan siang diseimbangi dan dilengkapi dengan karbohidat, protein serta lemak.

"Makan bergizi berarti lengkap ya ada komposisi karbohidrat, protein, dan lemak. Usahain ada karbohidratnya. Boleh nasi,kentang, atau roti. ucap dr. Jovita.

"Usahain juga ada kandungan proteinnya, gunanya untuk menahan lapar juga. Kalo hewani bisa dari daging sapi, ayam, ikan, telor. Nabatinya bisa tahu, tempe, kacang-kacangan dan jangan lupa serat. Serat itu perlu, bisa dari sayur dan buah." tambahnya.

Di sisi lain, porsi makan siang yang lebih diutamakan ialah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan juga sayuran.

Selanjutnya

Comments