Ngabuburit sambil Menikmati Indahnya Sunset di Waduk Cirata, Purwakarta

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Ngabuburit sambil Menikmati Indahnya Sunset di Waduk Cirata, Purwakarta

Ngabuburit sambil Menikmati Indahnya Sunset di Waduk Cirata, Purwakarta

KEPONEWS.COM - Ngabuburit sambil Menikmati Indahnya Sunset di Waduk Cirata, Purwakarta PESONA matahari tenggelam (sunset) memang selalu mempunyai daya pikat tersendiri. Bahkan tak jarang pesonanya membuat orang ingin berburu untuk menikmati keindahan penomena alam yang disebut istilah s...

PESONA matahari tenggelam (sunset) memang selalu mempunyai daya pikat tersendiri. Bahkan tak jarang pesonanya membuat orang ingin berburu untuk menikmati keindahan penomena alam yang disebut istilah sunset itu.

Apalagi di bulan puasa seperti sekarang, menikmati mata hari tenggelam ini bisa sambil ngabuburit. Tampaknya warga Purwakarta, tidak harus jauh-jauh pergi ke laut atau pengunungan hanya sekedar untuk menikmati sunset.

Sambil ngabuburit Anda cukup datang ke daerah Waduk Cirata. Di lokasi waduk yang terletak di perbatasan Purwakarta, Cianjur dan Bandung Barat itu spot-spot hist untuk menikmati keindahan matahari tenggelam sangat sempurna.

Ketika menyaksikan mata hari tenggelam di tempat ini maka hati akan teringat akan kekuasaan tuhan, karena pemandangan di sekeliling waduk yang mulai ditinggalkan cahaya terang mata hari terasa sangat indah.

"Apalagi ketika diabadikan menggunakan kamera, hasilnya bak lukisan alam yang ada dalam pameran karya pelukis ternama,"ujar Wida (32), salah seorang pengunjung yang datang ngabuburit ke daerah Waduk Cirata.

Menurut warga asal Kecamatan Plered, ini tidak banyak yang tahu bila penomena sunset terlihat sempurna dan indah di Daerah Waduk Cirata. Karena biasanya warga yang datang ke salah satu bendungan terbesar di Indonesia ini hanya datang siang hari, mereka hanya ingin menikmati keindahan alam dan kuliner ikan bakar+nasi liwet-nya saja.

"Padahal, ada sisi unik lain di tempat ini, yakni penomena sunset-nya,"tutur ibu satu anak yang datang berbuka puasa di warung nasi lewet ikan bakar bersama suaminya ini.

Seperti diketahui, Waduk Cirata merupakan waduk yang memang tidak difungsikan sebagai daerah objek wisata, seperti Waduk Jatiluhur. Namun demikian keberadaan waduk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Setiap libur akhir pekan tiba pengunjung yang datang ke Daerah Waduk Cirata tidak dapat dihitung dengan jari. Selain warga Purwakarta Bandung Barat dan Cianjur, banyak mereka yang datang dari kota-kota besar yang ada di Pulau Jawa ini, diantaranya warga Jakarta dan Bekasi.

PLTA Cirata merupakan pembangkit yang dioperasikan oleh anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) yang disalurkan melalui saluran transmisi tenaga listrik 500 kilovolt (KV) ke sistem Jawa-Bali yang diatur oleh dispatcher PLN Pusat Pengatur Beban (P3B).

Dengan letak Sungai Citarum yang subur, bergunung-gunung dan dianugerahi curah hujan yang tinggi menjadi latar belakang didirikannya PLTA Cirata. Pembangunan proyek PLTA Cirata merupakan salah satu cara pemanfaatan potensi tenaga air di Sungai Citarum yang letaknya di wilayah Kabupaten Bandung, kurang lebih 60 km sebelah barat laut Kota Bandung atau 100 km dari Jakarta melalui jalan Purwakarta.

Ngabuburit sambil Menikmati Indahnya Sunset di Waduk Cirata, Purwakarta

Comments