Netizen Ungkap Asal Mula Gang Dolly, Eks Tempat Prostitusi di Surabaya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Netizen Ungkap Asal Mula Gang Dolly, Eks Tempat Prostitusi di Surabaya

Netizen Ungkap Asal Mula Gang Dolly, Eks Tempat Prostitusi di Surabaya

KEPONEWS.COM - Netizen Ungkap Asal Mula Gang Dolly, Eks Tempat Prostitusi di Surabaya Ilustrasi prostitusi. (Achmad Ali) Gang Dolly mungkin bukan nama asing yang terdengar di indera pendengaran orang Indonesia. Dikenal sebagai eks tempat prostitusi di Surabaya, belum lama ini netizen...

Ilustrasi prostitusi. (Achmad Ali)

Gang Dolly mungkin bukan nama asing yang terdengar di indera pendengaran orang Indonesia. Dikenal sebagai eks tempat prostitusi di Surabaya, belum lama ini netizen ungkap asal mula Gang Dolly tersebut.

Asal mula Gang Dolly ini diungkap oleh akun [email protected] pada Senin (10/2/2020) lalu dan diunggah ke Instagram hingga menjadi viral di Instagram dalam waktu singkat.

Dari unggahan tersebut, terungkap asal mula Gang Dolly yang melegenda. Menurut beberapa orang, nama gang ini diambil dari nama perempuan keturunan Belanda yang diduga ialah seorang mucikari.

Menurut desas-desus, perempuan keturunan Belanda tersebut bernama Dolly van der Mart. Walaupun banyak yang percaya kalau dirinya ialah seorang perempuan, beberapa juga percaya kalau sosok tersebut ialah seorang laki-laki.

Menurut akun ini, nama Dolly miliknya ini diambil dari seseorang bernama Advenso Dollyres Chavit yang merupakan ayah perempuan tersebut. Ibunya merupakan seorang Indonesia asal Jawa bernama Herliah.

Asal mula Gang Dolly. (instagram/sejarahbelajar)Asal mula Gang Dolly. (instagram/sejarahbelajar)

Usai menikah dengan seorang kelasi Belanda, Dolly dikaruniai seorang anak laki-laki. Kehidupan yang sulit pada masa perang membuat keluarganya mengalami krisis keuangan, apalagi usai sang suami meninggal dunia.

Krisis keuangan membuat Dolly memutuskan untuk masuk ke dunia prostitusi pada awal tahun 1950. Paras yang cantik membuat dirinya begitu populer dan disukai oleh banyak pria.

Semenjak masa Dolly ini, dunia prostitusi di daerah tersebut semakin besar hingga membuat daerah Jarak, Pasar Kembang, Kota Surabaya, Jawa Timur ini menjadi tempat prostitusi terbesar di Surabaya seiring berjalannya waktu.

Ilustrasi perempuan yang menangis. (Pixabay/ Counselling)Ilustrasi perempuan. (Pixabay/ Counselling)

Asal mula Gang Dolly yang diungkap @sejarahbelajar ini lalu memicu banyak sekali komentar netizen. Banyak yang mendapat berita baru mengenai lokasi prostitusi yang sempat menjadi terbesar di Asia Tenggara ini.

''Terkuak sudah sang legenda'' tulis @inverno_mv.

''Ternyata emang ada orangnya'' komentar akun @hendrasoediyanto.

Menjadi viral di Instagram, unggahan mengenai asal mula Gang Dolly yang diungkap akun @sejarahbelajar ini sudah mendapat 2.624 likes dan banyak sekali komentar netizen.

Comments