Netizen Ramaikan #SaveSpongebob dan #BubarkanKPI, Ini Penyebabnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Netizen Ramaikan #SaveSpongebob dan #BubarkanKPI, Ini Penyebabnya

Netizen Ramaikan #SaveSpongebob dan #BubarkanKPI, Ini Penyebabnya

KEPONEWS.COM - Netizen Ramaikan #SaveSpongebob dan #BubarkanKPI, Ini Penyebabnya Spongebob. (instagram/spongebob) Netizen di Twitter sedang panas-panasnya membahas tayangan kartu Spongebob Squarepants dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Bahkan netizen ramai mencuitkan hashtag...

Spongebob. (instagram/spongebob)

Netizen di Twitter sedang panas-panasnya membahas tayangan kartu Spongebob Squarepants dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Bahkan netizen ramai mencuitkan hashtag #SaveSpongebob dan #BubarkanKPI hingga masuk ke trending topic Twitter Indonesia. Kenapa bisa?

Ternyata karena tayangan kartun Spongebob Squarepants mendapat teguran dari KPI karena dianggap mempunyai unsur kekerasan, berupa adegan melempar kue tart ke muka dan pemukulan.

Tak terima dengan teguran yang dilayangkan untuk kartun Spongebob, netizen pun beramai-ramai membuat tagar #SaveSpongebob.

Tagar yang menduduki Trending Topic Twitter Indonesia itu telah dicuitkan sebanyak lebih dari 19.400 tweet.

Cuitan Save Spongebob. [Twitter]Cuitan Save Spongebob. [Twitter]

Tak hanya itu, menurut pantauan HiTekno.com dan Suara, tagar #SaveSpongebob rupanya telah dikicaukan netizen semenjak Minggu (15/9/2019).

Netizen tak terima bila tayangan kartun Spongebob yang dinilai menghibur anak-anak mendapat teguran dari KPI dan mempertanyakan tayangan lain yang memang seharusnya mendapat teguran keras.

"Spongebob mengajarkan bahwa selagi masih anak-anak, berimajinasi, bermain, dan bertemanlah seperti Spongebob dan Patrick. Karena ketika dewasa biasanya kita akan berubah memandang hidup jadi mengejar uang seperti Tuan Krab atau menjadi bitter seperti Squidward. #SaveSpongebob," tulis akun @handokotjung.

Cuitan Save Spongebob. [Twitter]Cuitan Save Spongebob. [Twitter]

"Terus bagaimana dengan adegan yang melempar bait cinta dan memukul ketika sang kekasih direbut? Acara itu kena hukuman nggak? Saya selama nonton Spongebob nggak pernah tuh ngikutin ngelempar kue tart. Jangankan buat ngelempar, jatuh dikit aja saya pungut, nanggung belum 5 menit," komentar @SignKAT2mm.

"Spongebob nggak punya salah apa-apa. Terus nonton kartun apa lagi dong. Masa nonton azab terus #SaveSpongebob," cuit @nidauliaa_.

"Seharusnya sinetron alay yang distop, bukan Spongebob #SaveSpongebob," ungkap @choirulanam09.

Tak hanya itu, warganet pun turut mencuitkan tagar #BubarkanKPI yang kini telah mempunyai sebanyak 4.485 tweet. Tagar ini pun masih berhubungan dengan teguran yang dilayangkan KPI kepada tayangan kartun Spongebob.

"Kalau ada lembaga yang anggap tontonan kayak Spongebob melanggar norma kesopanan, lembaga itu nggak layak dipercaya menilai apapun di hidup ini. #BubarkanKPI @KPI_Pusat," tulis @jokoanwar.

Cuitan Bubarkan KPI. [Twitter]Cuitan Bubarkan KPI. [Twitter]

"Kami penduduk Bikini Bottom sepakat, KPI dan KPAI itu nggak guna. Daripada ngabis-ngabisin anggaran negara, mending #BubarkanKPI," komentar @negativisme.

"Setuju sih kalau lembaga ini layak untuk bubar karena sudah overload banget wewenang untuk melakukan sensor tayangan. @KPI_Pusat #BubarkanKPI," cuit @innocent_pororo.

Sebelumnya, melalui akun Instagram resmi pada Jumat (13/9/2019), KPI telah mengumumkan sebanyak 14 program TV, termasuk Spongebob Squarepants, yang dianggap melanggar aturan sehingga mendapat teguran.

Dikutip dari situs web KPI, keempat belas acara tersebut melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) KPI tahun 2012.

Itulah alasan kenapa netizen meramaikan hashtag #SaveSpongebob dan #BubarkanKPI hingga masuk ke trending topic Twitter Indonesia. ( Lintang Siltya Utami).

Comments