Netizen Bertanya Fungsi Health Alert Card COVID-19, Kemenkes: Bukan Kartu Sakti!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Netizen Bertanya Fungsi Health Alert Card COVID-19, Kemenkes: Bukan Kartu Sakti!

Netizen Bertanya Fungsi Health Alert Card COVID-19, Kemenkes: Bukan Kartu Sakti!

KEPONEWS.COM - Netizen Bertanya Fungsi Health Alert Card COVID-19, Kemenkes: Bukan Kartu Sakti! SEORANG netizen bertanya fungsi Health Alert Card (HAC), kartu yang diberikan kepada penumpang pesawat yang baru datang dari negara suspect Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Apa ya tanggapan Kement...
Loading...

SEORANG netizen bertanya fungsi Health Alert Card (HAC), kartu yang diberikan kepada penumpang pesawat yang baru datang dari negara suspect Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Apa ya tanggapan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes)?

Dalam unggahan Twitter @ulinyusron misalnya, ia mempertanyakan apakah HAC yang harus diisi itu akan efektif mendapatkan data penderita COVID-19? Unggahannya itu mendapat perhatian banyak pihak.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto memaparkan, HAC yang diberikan itu bukanlah kartu sakti. "HAC itu bukan kartu sakti. HAC ini hanya early warning system," terangnya saat ditemui Okezone di Kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (17/2/2020).

hac

Yuri melanjutkan, mereka yang tidak diperiksa itu bukan berarti saat mereka sampai di bandara, lalu langsung dicek tekanan darahnya dengan tensimeter. Namun tim medis tetap akan pantau suhu tubuhnya. Pemeriksaan ini juga sudah tidak hanya memakai termal scanner, melainkan langsung pakai termal gun.

"Setelah turun, dibikin antrean, dicek suhunya satu-satu. Baru setelah itu, mereka diberikan HAC," ungkapnya.

Selanjutnya

Comments