Negara-Negara Ini Sama Sekali Tak Memiliki Laut, Mengapa Demikian? Masuk Kalo Mau Tau Jawabannya!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Negara-Negara Ini Sama Sekali Tak Memiliki Laut, Mengapa Demikian? Masuk Kalo Mau Tau Jawabannya!

Negara-Negara Ini Sama Sekali Tak Memiliki Laut, Mengapa Demikian? Masuk Kalo Mau Tau Jawabannya!

KEPONEWS.COM - Negara-Negara Ini Sama Sekali Tak Memiliki Laut, Mengapa Demikian? Masuk Kalo Mau Tau Jawabannya! Sebuah negara biasanya terdiri dari tiga aspek teritorial yakni darat, laut dan udara, namun diantara banyak negara yang terhampar luas di kolong langit, ada beberapa negara yang tak memiliki laut. Ha...

Sebuah negara biasanya terdiri dari tiga aspek teritorial yakni darat, laut dan udara, namun diantara banyak negara yang terhampar luas di kolong langit, ada beberapa negara yang tak memiliki laut. Hal tersebut disebabkan karena batas negara tersebut berdekatan dengan dataran negara lain.

Bedasarkan data yang dilansir dari thoughtco.com sedikitnya ada 49 negara yang terkunci oleh daratan. Kita telah merangkum beberapa nama negara yang letak geografisnya terkunci oleh negara lain. Berikut diantaranya.

1. Vatikan

tak memiliki laut

airpano.com

Kota suci bagi umat kristiani ini smaa sekali tak memiliki laut. Pasalnya, Vatikan berada tepat di tengah kota Roma. Untuk mencapai laut, tentunya warga Vatikan harus menempuh puluhan kilometer untuk melihat indahnya sunset dan sunrise.

2. Serbia

tak memiliki laut

interrail.eu

Negara pecahan Yugoslavia ini tak memiliki lautan sama sekali. Hal tersebut dikarenakan negara yang pernah terlibat perang saudara ini terhimpit oleh dataran Hungaria di utara. Rumania di timur, Albania di selatan dan Montenegro, Kroasia dan Bosnia, yang notabene merupakan saudara kandung mereka menjepit Serbia di sebelah barat.

3. Kazakhstan

tak memiliki laut

adb.org

Meskipun menyandang status sebagai negara terbesar kesembilan di dunia, Kazakhstan sama sekali tak memiliki laut. Pasalnya negara yang beribukota Astana ini berada di tengah dan terhimpit oleh dataran China, Rusia, Uzbekistan serta Turkmenistan.

4. Sudan Selatan

tak memiliki laut

yimg.com

Sebelum pecah dengan negara Sudan, negara ini masih bisa melihat keindahan Laut Merah. Pasca merdeka pada tahun 2011 silam. Negara dengan ibukota Juba ini tak memiliki batas laut karena terhimpit oleh negara lain seperti Ethiopia, Uganda, Kenya, Kongo dan Afrika Tengah.

5. Paraguay

tak memiliki laut

staticflickr.com

Negara yang memiliki julukan sebagai jantung Amerika Selatan ini sama sekali tak memiliki laut karena terhimpit negara lain. Meskipun demikian, Paraguay sendiri merupakan negara yang sangat melek huruf karena 92 persen penduduk mereka yang berusia di atas 16 tahun sangat melek huruf. Wow.

Comments