Negara Ini Sedang Susun Undang-undang Larangan Wanita Pakai Rok Mini

Internasional

News / Internasional

Negara Ini Sedang Susun Undang-undang Larangan Wanita Pakai Rok Mini

Negara Ini Sedang Susun Undang-undang Larangan Wanita Pakai Rok Mini

KEPONEWS.COM - Negara Ini Sedang Susun Undang-undang Larangan Wanita Pakai Rok Mini PHNOM PENH - Ketika Molika Tan, 18 tahun, pertama kali mendengar berita bahwa pemerintah sedang menyusun aturan denda bagi perempuan Kamboja yang mengenakan pakaian terbuka, ia merasa prihatin dan seg...

PHNOM PENH - Ketika Molika Tan, 18 tahun, pertama kali mendengar berita bahwa pemerintah sedang menyusun aturan denda bagi perempuan Kamboja yang mengenakan pakaian terbuka, ia merasa prihatin dan segera menginisiasi petisi daring untuk menentangnya.

Rancangan undang-undang ketertiban umum yang diusulkan itu akan melarang perempuan Kamboja mengenakan pakaian yang "terlalu pendek atau terlalu menerawang" dan melarang pria bertelanjang dada.

Pemerintah mengklaim RUU itu bertujuan melestarikan tradisi budaya dan martabat sosial masyarakat Kamboja, walaupun memunculkan banyak kritikan.

Molika memandang rancangan regulasi tersebut sebagai serangan terhadap kebebasan perempuan.

"Sebagai anak muda Kamboja, saya ingin keluar rumah dengan perasaan aman dan mengenakan pakaian yang nyaman. Saya ingin dapat mengekspresikan diri melalui pakaian yang saya kenakan dan tidak dibatasi oleh pemerintah, " dia berkata.

"Saya yakin ada cara lain untuk menegakkan tradisi budaya daripada sekadar menerapkan aturan yang melarang perempuan mengenakan rok pendek."

 Molika Tan bertanya, Mengapa saya harus didenda untuk pakaian yang saya kenakan?(MOLIKA TAN via BBC INDONESIA) Molika Tan bertanya, Mengapa saya harus didenda untuk pakaian yang saya kenakan?(MOLIKA TAN via BBC INDONESIA)

Petisi online-nya dimulai pada bulan lalu dan sejauh ini telah mendapatkan lebih dari 21.000 tanda tangan.

Banyak perempuan di Kamboja telah menyebarkan pandangan melalui sosmed dengan mengunggah foto diri mereka disertai tulisan, "Apakah saya akan didenda karena ini?" ditambah tanda pagar #mybodymychoice.

"Kami selalu diharapkan untuk bersikap patuh pada laki-laki," kata Molika, yang mempercayai bahwa perilaku dibentuk oleh kode etik tradisional yang menyebutkan bahwa perempuan harus lembut hati.

Muncul Peredaran Baru Sekte Seks di Italia, Para Gadis Wajib Telanjang Dada dan Pakai Rok Mini

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah menekan perempuan yang mengenakan pakaian terbuka, dan melarang penyanyi dan aktor memakai pakaian tidak pantas.

Comments