NATAL 2016: Tips Sukes Bikin Royal Icing untuk Hiasan Kukis Natal

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

NATAL 2016: Tips Sukes Bikin Royal Icing untuk Hiasan Kukis Natal

NATAL 2016: Tips Sukes Bikin Royal Icing untuk Hiasan Kukis Natal

KEPONEWS.COM - NATAL 2016: Tips Sukes Bikin Royal Icing untuk Hiasan Kukis Natal DEKORASI kue bisa digunakan berbagai bahan hiasan seperti fondant, butter cream, whipping cream dan lain sebagainya tapi untuk kukis biasanya hanya digunakan royal icing. Natal jadi salah satu momen y...

DEKORASI kue bisa digunakan berbagai bahan hiasan seperti fondant, butter cream, whipping cream dan lain sebagainya tapi untuk kukis biasanya hanya digunakan royal icing. Natal jadi salah satu momen yang pas untuk membuat kukis hias. Simak tips sukses bikin royal icingnya.

Ditemui Okezone beberapa waktu lalu, Pastry Chef Rahmat memberikan tips anti gagal mengolah royal icing. Olahan putih telur ini bisa jadi bahan dekorasi andalan untuk membuat hiasan pada kukis.

Kualitas bahan

Bahan baku jadi hal utama yang harus diperhatikan saat akan membuat royal icing. Pastikan telur yang digunakan adalah telur yang masih segar, gula halusnya juga harus diayak hingga halus sebelum digunakan. Jangan lupa memberikan perasan jeruk lemon untuk hasil royal icing yang lebih mengilat.

Kocok dengan kecepatan rendah

Berbeda dengan saat mengocok adonan kue, royal icing harus dicampur dengan mengocoknya menggunakan hand mixer. Kecepatan yang digunakan juga adalah kecepatan rendah agar royal icing punya tekstur yang halus dan tidak banyak mengandung gelembung udara. Proses pengocokan dengan kecepatan rendah ini juga bisa menjadi indikator penilaian tekstur royal icing yang dibutuhkan. Semakin lama dikocok maka semakin kental royal icing yang dihasilkan.

Cukup keringkan atau panggang kembali?

Royal icing memang terbuat dari putih telur mentah tapi sebenarnya ini aman untuk dikonsumsi. Sebagian orang tidak memanggang kembali kukis dengan royal icing karena ingin memepertahankan warna cerahnya. Sementara beberapa orang memilih memanggang lagi kukis meskipun dalam waktu sebentar. Tapi memanggang royal icing membuat kukis memiliki warna kecoklatan dan kurang menarik.

Buat karakter dengan perlahan

Bagi baker handal memang bukan hal sulit membuat kukis berhiaskan royal icing tapi bagi pemula, ini cukup menyita waktu dan kesabaran. Solusinya, buat karakter royal icing yang simpel dan lakukan dengan perlahan.

NATAL 2016: Tips Sukes Bikin Royal Icing untuk Hiasan Kukis Natal

Comments