NASA dan SpaceX Kerjasama Cegah Asteroid Tabrak Bumi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

NASA dan SpaceX Kerjasama Cegah Asteroid Tabrak Bumi

NASA dan SpaceX Kerjasama Cegah Asteroid Tabrak Bumi

KEPONEWS.COM - NASA dan SpaceX Kerjasama Cegah Asteroid Tabrak Bumi JAKARTA- NASA telah memilih perusahaan milik Elon Musk, SpaceX untuk meluncurkan misi terbaru. Misi ini dijuluki Double Asteroid Redirection Test (DART) yang akan dilakukan pada Juni 2021. Dilansir da...

JAKARTA- NASA telah memilih perusahaan milik Elon Musk, SpaceX untuk meluncurkan misi terbaru. Misi ini dijuluki Double Asteroid Redirection Test (DART) yang akan dilakukan pada Juni 2021.

Dilansir dari laman Newsmax, Selasa (16/4/2019), DART tersebut dirancang untuk menghalangi asteroid dan membelokannya menjauh dari Bumi untuk menghindari dampak bencana. Nantinya DART akan diluncurkan ke luar angkasa dengan melalui roket Falcon 9 milik SpaceX. Misi ini diperkirakan menelan biaya USD69 juta.

Asteroid

Kominfo Ungkap Penyebab Gangguan Layanan WhatsApp

DART akan memakai teknik yang disebut penabrak kinetik untuk mencegat bulan kecil asteroid Didymos pada Oktober 2022. Pada saat itu, para ilmuwan memperkirakan asteroid akan berada dalam jarak 11 juta kilometer dari Bumi.

Pesawat ruang angkasa tak berawak akan diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California.

Menurut NASA , asteroid Didymos berdiameter 800 meter dan bulannya berdiameter 150 meter. Benda langit tersebut mengorbit Matahari setiap 2,11 tahun Bumi.

(ahl)

Comments