NASA Bakal Nyalakan Api di Pesawat Luar Angkasa, Buat Apa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

NASA Bakal Nyalakan Api di Pesawat Luar Angkasa, Buat Apa?

CALIFORNIA - Badan Antariksa Amerika Serikat atau dikenal NASA mengumumkan rencananya untuk menyalakan api di pesawat luar angkasa guna membantu para peneliti memahami bagaimana kebakaran tersebut tumbuh dan bahan bakar terbakar di lingkungan yang memiliki gaya berat mikro.

Sebenarnya, menyalakan api di luar angkasa telah dilakukan dua kali sebelumnya, tapi ini akan menandai ketika terakhir agen antariksa melakukannya. Proyek ini disebut SAFFIRE III dan merupakan bagian dari rangkaian percobaan.

BERITA REKOMENDASI

Dilansir Slash Gear, Rabu (7/6/2017), SAFFIRE III Spacecraft Fire Experiment akan berlangsung di dalam kargo pesawat luar angkasa Orbital ATK Cygnus yang meninggalkan Stasiun Luar Angkasa (ISS) beberapa hari lalu. Percobaan akan berlangsung selama 2,5 jam.

Di samping itu, kapal yang akan menjadi tempat api berkobar telah dirancang sedemikian rupa untuk meniru tingkat oksigen ISS. Menurut NASA, eksperimen akan dimulai ketika pesawat masuk ke orbit stabil. Akan tetapi, diharapkan beberapa hari bagi Cygnus untuk mengirimkan data eksperimen yang dikumpulkan ke peneliti di Bumi, setelah itu titik tersebut akan memasuki atmosfer Bumi dan terbakar.

Data akan dianalisis oleh peneliti di Orbital€™s Dulles dan Glenn Research Center NASA di Cleveland, Ohio. Informasi tersebut akan membantu Badan Antariksa membuat keputusan masa depan mengenai keselamatan manusia selama misi luar angkasa.

NASA Bakal Nyalakan Api di Pesawat Luar Angkasa, Buat Apa?

Comments