Nani Wijaya Meninggal Dunia, Ini Riwayat Kesehatannya: Sempat Alami Pengapuran Tulang Hingga Sesak Napas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Nani Wijaya Meninggal Dunia, Ini Riwayat Kesehatannya: Sempat Alami Pengapuran Tulang Hingga Sesak Napas

Nani Wijaya Meninggal Dunia, Ini Riwayat Kesehatannya: Sempat Alami Pengapuran Tulang Hingga Sesak Napas

KEPONEWS.COM - Nani Wijaya Meninggal Dunia, Ini Riwayat Kesehatannya: Sempat Alami Pengapuran Tulang Hingga Sesak Napas Artis senior Nani Widjaya atau dikenal dengan nama Nani Wijaya dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023) dini hari....

Artis senior Nani Widjaya atau dikenal dengan nama Nani Wijaya dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023) dini hari.

Kabar sedih ini diinformasikan langsung oleh sang anak, Shaya Kamila melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Berdasarkan keterangan, Nani Wijaya meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Fatmawati.

"Innalillahiwainnailaihirojiun, telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya . Di Rumah Sakit Fatmawati 16 Maret 2023 pada pukul 3.28 WIB. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja," tulis akun @cahyakamila88.

Pihak keluarga juga belum mengabarkan berita penyebab meninggalnya pemeran Emak di sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini. Namun, pada 1 Maret lalu, Nani Wijaya sempat dilarikan ke rumah sakit karena alami sesak napas.

Hati Connie Sutedja Hancur dengar Nani Wijaya Meninggal: Kami ke Mana-Mana Selalu Berdua

Sosok Nani Wijaya sendiri sangat jarang dikabarkan sakit di media. Namun, beberapa kali Nani Wijaya memang alami sakit hingga yang terakhir di bawa ke rumah sakit. Lalu bagaimana riwayat penyakit Nani Wijaya saat masih hidup hingga meninggal dunia? Simak ulasannya berikut.

1. Alami pengapuran tulang

Potret Nani Wijaya. (Instagram)Potret Nani Wijaya. (Instagram)

Setelah suami Ajip Rosidi meninggal dunia pada Juli 2020 lalu, kondisi kesehatan Nani Wijaya sempat menurun. Hal tersebut langsung membuatnya melakukan pemeriksaan kesehatan.

Mengutip kanal Youtube STARPRO Indonesia, saat melakukan pengecekan itu rupanya Nani Wijaya mengalami pengapuran tulang. Namun, kondisi pengapuran tulang yang dideritanya itu tidak terlalu parah sehingga masih bisa lakukan aktivitas dan olahraga ringan.

2. Demensia

Innalillahi! Nani Wijaya Berpulang dengan Meninggalkan Deretan Prestasi

Nani Wijaya juga alami penyakit demensia. Penyakit ini yang membuat kemampuan otak untuk mengingat semakin menurut. Sang anak, Cahya Kamila mengatakan, Nani Wijaya sudah cukup lama sulit mengingat. Bahkan, sampai wajah anak-anaknya juga terkadang Nani Wijaya menjadi lupa.

"Udah nggak ingat sama sekali sama anak-anak, dipancing ingat, nanti lama-lama semakin galak, lama-lama nggak kenal, lama-lama teriak-teriakkan kaya bayi gitu," ungkap Cahya, dikutip dari YouTube TransTV Official, yang diunggah Sabtu (5/3/2023).

3. Sesak napas

Penyakit lainnya yang dialami Nani Wijaya belakang ini yaitu sesak napas. Hal tersebut membuat Nani Wijaya harus dilarikan ke rumah sakit pada 1 Maret 2023 lalu hingga dirawat di ruang High Care Unit (HCU).

Dikatakan, kondisi sesak napas Nani Wijaya ini karena adanya lendir atau dahak di paru-parunya. Hal itu yang membuatnya alami sesak napas hingga butuh bantuan penggunaan selang oksigen.

Meski demikian, pihak keluarga sempat mengatakan, kondisi Nani Wijaya saat di rumah sakit masih stabil. Bahkan, ia masih merespons jikalau diajak ngobrol oleh keluarganya.

"Alhamdulillah masih sadar. Beliau masih bisa melihat siapa yang datang. Diajak ngobrol juga masih bisa, jelas Nina Kartika beberapa waktu lalu.

Itu dia beberapa riwayat penyakit yang dialami Nani Wijaya. Nantinya, jenazah almarhumah akan akan disemayamkan di rumah sedih yang berlokasi di Sentul, Jawa Barat. Sementara itu, Nani Wijaya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karang Tengah.

Comments