Nakal, Puluhan Aplikasi iOS Bagikan Lokasi Pengguna Tanpa Izin

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Nakal, Puluhan Aplikasi iOS Bagikan Lokasi Pengguna Tanpa Izin

Nakal, Puluhan Aplikasi iOS Bagikan Lokasi Pengguna Tanpa Izin

KEPONEWS.COM - Nakal, Puluhan Aplikasi iOS Bagikan Lokasi Pengguna Tanpa Izin Smartphone iPhone X dengan iOS 12. (BGR) Sebuah penelitian mengungkap kalau ada belasan software iOS yang membahayakan. Menurut penelitian GuardianApp, belasan software ini membagikan data lokasi pen...
Loading...

Smartphone iPhone X dengan iOS 12. (BGR)

Sebuah penelitian mengungkap kalau ada belasan software iOS yang membahayakan. Menurut penelitian GuardianApp, belasan software ini membagikan data lokasi pengguna kepada pihak ke tiga tanpa izin.

Dalam penelitian yang dipimpin oleh pakar keamanan Will Strafach, beberapa software digunakan untuk mengirim koordinat GPS ke perusahaan yang bisa meraup pemasukan dengan cara menjual data pelanggan.

''Tim GuardianApp menemukan bahwa semakin banyak software iOS yang digunakan untuk mengumpulkan secara diam-diam riwayat lokasi dari puluhan juta perangkat seluler,'' tulis tim peneliti di situs resmi mereka.

Lebih lanjut, tim menemukan bahwa aplikasi-aplikasi nakal itu memakai semacam kode yang disediakan oleh perusahaan monetisasi data.

App Store. (Tech Crunch)App Store. (Tech Crunch)

''Kode pelacakan bisa aktif terus-menerus untuk mengirimkan koordinat GPS pengguna dan berita lainnya,'' lanjut mereka.

Untuk mengelabui pengguna, aplikasi-aplikasi ini biasanya meminta izin akses ke pengguna dengan alasan yang masuk akal. Namun mereka tidak menyebutkan bahwa data lokasi pengguna akan dibagikan ke pihak ketiga.

Penelitian GuardianApp menyebutkan ada 12 perusahaan monetisasi data yang terlibat termasuk RevealMobile yang sebelumnya telah dituduh atas pengumpulan data lokasi melalui software cuaca populer.

Untuk saat ini, pengguna bisa menghindari software yang memakai data pelanggan dengan memakai tools bawaan Apple yang dapat mengontrol software mana yang mempunyai akses ke data lokasi.

tulisan mengenai software iOS ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Puluhan Software Nakal iOS Bagikan Lokasi Pengguna Tanpa Izin.

Comments