Naik Gunung, Jangan Petik Bunga Edelweis jika Tak Mau Didenda Rp100 Juta

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Naik Gunung, Jangan Petik Bunga Edelweis jika Tak Mau Didenda Rp100 Juta

Naik Gunung, Jangan Petik Bunga Edelweis jika Tak Mau Didenda Rp100 Juta

KEPONEWS.COM - Naik Gunung, Jangan Petik Bunga Edelweis jika Tak Mau Didenda Rp100 Juta VIRALNYA video seorang perempuan yang memetik bunga edelweis di Gunung Lawu menjadikan pelajaran buat para Okezoners. Bunga edelweis tidak boleh dipetik, karena tergolong fauna langka yang dilindungi....

VIRALNYA video seorang perempuan yang memetik bunga edelweis di Gunung Lawu menjadikan pelajaran buat para Okezoners. Bunga edelweis tidak boleh dipetik, karena tergolong fauna langka yang dilindungi.

Meskipun kecantikan bunga edelweis yang tumbuh di daerah konservasi ini sering mengundang perhatian wisatawan, tapi jangans sesekali memetik, mencuri atau merusaknya ya. Seperti halnya seorang pendaki perempuan berinisial L berani memetik bunga edelweis, yang akhirnya viral di sosmed.

Dari video yang diunggah akun Instagram @mountnesia, perempuan berinisial L tersebut terlihat memetik bunga edelweis yang tumbuh di Gunung Lawu. Saat ditegur oleh pendaki yang lain, bukannya menghentikan perbuatannya, perempuan tersebut justru tak peduli.

Mau Traveling Naik Kereta Api? Jangan Lupa Protokol Kesehatan 3M

Padahal kalau nekat merusak atau sampai memetik bunga edelweis, siapapun dapat dikenakan hukuman berupa denda hingga penjara. Seperti yang sudah dijelaskan dari dari laman Rimbawan pada Kamis, (17/9/2020).

edelweis

Ada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 perihal Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pasal 33 menyatakan:

Ayat (1) Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional.

Ayat (2) Perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi mengurangi, menghilangkan fungsi dan luas zona inti taman nasional, serta menambah jenis tumbuhan dan satwa lain yang tidak asli.

Ayat (3) Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan fungsi zona pemanfaatan dan zona lain dari taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.

Viral Pendaki Petik Edelweis di Gunung Lawu, Bikin Netizen Geram

Pasal 40 ayat (2):

Barang siapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) dan ayat (2) serta Pasal 33 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Seluruh sumber daya alam beserta ekosistem yang tumbuh di lahan konservasi dilindungi sepenuhnya oleh pemerintah. Maka, berhati-hatilah ketika hendak mengambil tindakan dan perdalam berita mengenai tempat tersebut. Semoga kejadian di atas dapat memberi peringatan kepada masyarakat agar bersama-sama untuk melindungi tempat asal yang hampir punah.

(dwk)

Comments