Nada Miring Generasi Z

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Nada Miring Generasi Z

Nada Miring Generasi Z

KEPONEWS.COM - Nada Miring Generasi Z Bagi orang dewasa, teknologi yang ditawarkan melalui gawai alias gadget seperti dewasa ini, bisa dikatakan telah mengubah cara dalam menjalani hidup. Sebagai contoh, katakanlah kelompok demografi gene...

Bagi orang dewasa, teknologi yang ditawarkan melalui gawai alias gadget seperti dewasa ini, bisa dikatakan telah mengubah cara dalam menjalani hidup. Sebagai contoh, katakanlah kelompok demografi generasi Y, yaitu yang lahir pada awal 1980-an hingga 1994.

Setidaknya, mereka pernah menghadapi masa, di mana surat-menyurat memakai perangko menjadi andalan untuk mengirim kabar pada keluarga, atau merasakan pengalaman mendapatkan kiriman uang melalui wesel. Begitu juga mengabadikan suatu momen dalam bentuk foto, musti dilakukan dengan rol film di dalam kamera.

Itu hanya sebagian contoh. Bila Kamu lahir di dekade yang sama dengan penulis (akhir 80an), Kamu tentu menjadi saksi sejarah kehadiran ponsel layar monokrom. Gadget ini ada yang dilengkapi antena kecil, bernada dering 'seperti suara tikus' karena saking nyaringnya.

Ilustrasi pesan singkqt SMS.

Ilustrasi SMS

Namun sudah cukup membuat orang-orang yang memilikinya bahagia - atau bahkan bangga - karena dengan layanan Short Messages Service (SMS) dan panggilan suara, komunikasi jarak jauh bisa berlangsung lebih cepat dan langsung. Tak peduli mereka membayar mahal untuk mengisi pulsa.

Generasi Y juga menjadi saksi ketika orang-orang mulai meninggalkan telegram (surat kawat) yang tarifnya dihitung per huruf, atau menulis makalah memakai mesin tik yang bunyi cetak-cetoknya bikin sungkan pada tetangga sebelah.

Beda Generasi Beda Ciri

SMAN 2 gagal laksanakan ujian peserta didik baru online lantaran internet error

Gangguan Internet, 2.214 Siswa di Sumut Gagal PPDB Online

Kerja sama Grab, Ovo dan Tokopedia.

Beramal Lewat Digital Kini Jadi Tren

Begitulah. Generasi Y sempat mengalami masa peralihan dari zaman teknologi jadul menjadi serba digital.

Nah, berbeda dengan generasi Y, generasi Z mereka lahir dan tumbuh di periode kemajuan teknologi digital yang telah memainkan peranan penting dalam sejarah kehidupan manusia. Generasi Z yang lahir pada rentang masa 1995-2010 ini tidak kenal dunia di mana perangkat pintar berada di luar jangkauan lengan. Dengan kata lain, saat mereka membuka mata pertama kali di dunia ini, cikal bakal smartphone mulai eksis.

Tak heran pula jikalau mereka dijuluki generasi net yang umumnya mempunyai karakteristik digital native, lantaran telah bersinggungan dengan teknologi semenjak lahir. Hingga pada dewasa ini, internet menjadi kebutuhan dasar mereka. Saat terjaga hingga akan tidur, Gen Z terhubung dan di-ninabobo-kan oleh perangkat elektronik yang online.

Duniaku Dunia Maya

Dengan internet yang mudah diakses 24/7, gen Z mengubah cara pemecahan masalah, mulai dari gaya berkomunikasi, belajar, mencari berita, melamar kerja, hingga berbelanja. Ruang virtual bernama internet seolah tak ubahnya dunia nyata bagi gen Z karena mereka menemukan beragam jawaban dan kebutuhan hidup dari sana.

Comments