Myanmar Siap Jadi Macan Baru Asia

Internasional

News / Internasional

Myanmar Siap Jadi Macan Baru Asia

Myanmar Siap Jadi Macan Baru Asia

KEPONEWS.COM - Myanmar Siap Jadi Macan Baru Asia YANGON - Myanmar bakal menjadi kekuatan ekonomi Asia baru. Pertumbuhan ekonomi Myanmar tahun ini digadang-gadang akan menyalip Thailand, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia Ten...
Loading...

YANGON - Myanmar bakal menjadi kekuatan ekonomi Asia baru. Pertumbuhan ekonomi Myanmar tahun ini digadang-gadang akan menyalip Thailand, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia Tenggara.

Potensi pertumbuhan ekonomi Myanmar bahkan diprediksi melewati 10 persen.

Perubahan politik yang terjadi di Myanmar disebut menjadi penggerak ekonomi negara yang dijuluki sebagai Tanah Emas tersebut.

Rezim baru Myanmar yang sebelumnya dikuasai oleh militer, kini semakin terbuka dengan sejumlah investor.

Myanmar telah memulai reformasi demokrasi dan ekonomi semenjak tahun 2011 silam. Sebelumnya, ekonomi Myanmar dikuasai sepenuhnya oleh perusahaan milik negara.

Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memprediksi Myanmar menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat pada tahun ini.

Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi negara tersebut tercatat sebesar 8,1%.

Duta Besar Inggris untuk Myanmar Andrew Patrick yakin, Myanmar akan menjadi negara satu-satunya dengan potensi pertumbuhan 10%. Bahkan menjadi pertumbuhan ekonomi tertinggi di daerah Asia Tenggara.

Memang Myanmar membutuhkan waktu lebih untuk memacu sehingga dapat membukukan pertumbuhan ekonomi tertinggi.

"Namun pertumbuhan ini bisa terjadi setelah pencapaian sebesar 6% dan lalu menjadi 8%. Karenanya pertumbuhan 10% tentu saja bisa terealisasi," terang Patrick seperti dikutipBloomberg, Kamis (9/3/2017).

Myanmar Siap Jadi Macan Baru Asia

Comments