Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

KEPONEWS.COM - Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi Musim hujan telah tiba, kelembaban dan suhu yang tinggi membuat virus berbahaya lebih aktif. Apalagi sedang pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Oleh karena itu, berilah perhatikan lebih pada keseha...

Musim hujan telah tiba, kelembaban dan suhu yang tinggi membuat virus berbahaya lebih aktif. Apalagi sedang pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Oleh karena itu, berilah perhatikan lebih pada kesehatan kamu.

Seperti dilansir dari Korea Herald, penyakit yang paling umum selama musim hujan ialah penyakit yang ditularkan melalui air dan penyakit yang ditularkan melalui nyamuk.

hujan

Beberapa penyakit paling sering ditularkan melalui air, yaitu disentri basiler, E. enterohemorrhagic dan tifus. Penyakit-penyakit ini menyebabkan demam parah dan diare.

Untuk mencegah penyakit yang terbawa air, masyarakat harus selalu mencuci tangan dan minum air rebusan. Papan pemotong dan pisau harus dicuci lalu dikeringkan setelah digunakan.

Penyakit yang ditularkan nyamuk juga berisiko tinggi. Cara terbaik untuk menghindari gigitan nyamuk merupakan dengan menghindari aktivitas di luar ruangan saat nyamuk menjadi aktif yaitu pada malam hari antara jam 8 sampai 10 malam.

Sementara itu masyarakat yang tinggal di dekat peternakan wajib memakai obat nyamuk. Lalu apa saja tips menjaga kesehatan selama musim hujan?

1. Sering cuci tangan pakai sabun.

2. Masak makanan dengan waktu yang cukup untuk menghilangkan bakteri di udara dan yang ditularkan melalui air.

3. Orang yang menderita diare atau mempunyai bekas luka terbuka di tangannya sebaiknya tidak memasak.

4. Jauhkan diri dari nyamuk. Jadikan lingkungan kamu bebas dari perkembangbiakan nyamuk. Caranya dengan membersihkan genangan air di sekitar rumah dan lakukan juga 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur).

4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

5. Kalau kamu menderita demam, diare atau kulit bengkak, segeralah kunjungi klinik atau layanan kesehatan setempat untuk berkonsultasi.

(DRM)

Comments