Museum Konferensi Asia Afrika Hadirkan 2 Pelaku Sejarah, Siapa Mereka?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Museum Konferensi Asia Afrika Hadirkan 2 Pelaku Sejarah, Siapa Mereka?

Museum Konferensi Asia Afrika Hadirkan 2 Pelaku Sejarah, Siapa Mereka?

KEPONEWS.COM - Museum Konferensi Asia Afrika Hadirkan 2 Pelaku Sejarah, Siapa Mereka? MUSEUM Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung, Jawa Barat mengisi kegiatan selama masa pandemi Covid-19 dengan menghadirkan dua tokoh pelaku sejarah detik-detik pelaksanaan konferensi puluhan ne...

MUSEUM Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung, Jawa Barat mengisi kegiatan selama masa pandemi Covid-19 dengan menghadirkan dua tokoh pelaku sejarah detik-detik pelaksanaan konferensi puluhan negara pada 66 tahun lalu itu.

Dua tokoh pelaku sejarah itu adalah Inen Ruslan (83) yang merupakan juru foto dokumentasi KAA tahun 1955, dan Abah Landung (94) yang merupakan pengepul atau penanggung jawab mobil untuk digunakan para tamu kenegaraan yang muncul dari banyak sekali negara Asia dan Afrika.

"Saya tidak bisa melihat, tapi saya bisa merasakan cerita mereka. Jadi dulu itu mereka menunjukkan sikap kerelawanan sangat tinggi yang saat ini susah untuk dicari," kata Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi.

Bukan hanya menceritakan perihal isi konferensi, mereka pun menceritakan peristiwa di balik adanya gelaran KAA hingga proses persiapan menjelang acara yang bisa menjadi contoh keteladanan.

Pelaku Pariwisata Sulut Divaksin Covid-19, Sandiaga Uno: Motivasi untuk Bangkit

Abah Landung

(Foto: Instagram/@asiafricamuseum)

Inen sendiri mengaku pada saat itu dirinya merupakan satu satunya pemuda dari Bandung yang dipercaya bisa menguasai pemakaian alat fotografi. Saat itu, dia mengaku memakai kamera Leica F3 buatan Jerman.

Tugas utamanya, dirinya harus mendokumentasikan seluruh kegiatan dari awal hingga akhir gelaran KAA. Selain itu, fotonya pun bakal digunakan untuk media massa baik lokal maupun mancanegara.

Uniknya, saat gelaran itu beberapa tamu dari negara lain membawa sendiri fotografer. Namun mereka tidak bisa langsung mencetak foto hasilnya, berbeda dengan Inen yang mempersiapkan foto untuk langsung dicetak secara singkat.

"Jadi kalau enggak salah acara KAA sampai jam 12.00 WIB, nah hingga jam 14.00 WIB foto-foto itu sudah siap dipajang langsung di Gedung Merdeka," kata Inen.

Inen sendiri mengaku memberikan secara cuma-cuma foto hasilnya tersebut kepada para tamu dari negara lain untuk dibawa ke negaranya masing-masing.

Comments