Mungkinkah Kulit Wajah Jadi 'Kebal' karena Perawatan? Ini Kata Dokter

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Mungkinkah Kulit Wajah Jadi 'Kebal' karena Perawatan? Ini Kata Dokter

Mungkinkah Kulit Wajah Jadi 'Kebal' karena Perawatan? Ini Kata Dokter

KEPONEWS.COM - Mungkinkah Kulit Wajah Jadi 'Kebal' karena Perawatan? Ini Kata Dokter Jakarta -Pernahkah mendengar istilah 'kulit kebal' dengan perawatan wajah, sehingga produk yang telah digunakan seperti tidak memberi banyak dampak bagi kulit? Sebagian dari Anda mungkin pernah mengal...
Jakarta -Pernahkah mendengar istilah 'kulit kebal' dengan perawatan wajah, sehingga produk yang telah digunakan seperti tidak memberi banyak dampak bagi kulit?

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalaminya ketika memakai pelembap atau serum tertentu dalam waktu lama, kemudian produk tersebut terasa tak lagi memberikan hasil yang sama bagusnya ketika baru pertama digunakan. Beberapa orang menyebut kondisi ini terjadi karena wajah sudah 'kebal' terhadap perawatan tertentu. Tapi apakah benar kulit bisa menjadi 'kebal'?

Mungkinkah Kulit Wajah Jadi 'Kebal' karena Perawatan? Ini Kata DokterFoto: ilustrasi/thinkstock
Kekebalan kulit wajah sebenarnya jarang terjadi atau bahkan tidak ada. Kalaupun ada, itu bukanlah bentuk kekebalan kulit wajah sebenarnya, melainkan perubahan kulit karena banyak sekali faktor, seperti stres, perubahan musim, perjalanan jauh/ travelling, usia, hingga perubahan hormon.

"Contohnya, di bulan-bulan tertentu kamu merasa bahwa kulitmu terasa lebih kering atau lebih berminyak dari biasanya jadi kamu bisa menyesuaikan jenis moisturizer yang kamu pakai di saat-saat seperti itu. Seiring perubahan kondisi kulit, kamu akan mengetahui beberapa produk yang tidak bekerja dengan baik sehingga dibutuhkan perubahan," nasihat Sejal Shah, M.D., ahli bedah dermatologi seperti dikutip dari Women's Health.

Meski perubahan jenis perawatan perlu dilakukan sesuai kondisi kulit, perlu diperhatikan bahwa mengganti produk terlalu sering juga bisa memberikan efek merugikan. Terlebih bila menggunakan produk yang sebenarnya tidak cocok untuk jenis kulit.

Mungkinkah Kulit Wajah Jadi 'Kebal' karena Perawatan? Ini Kata DokterFoto: iStock
"Ketika produk yang tidak cocok itu terus digunakan, pembatasnya (antara kulit dan jaringan dalam) bisa terganggu dan kulit akan memerah dan sensitif," kata Suneel Chilukuri, M.D., founder Refresh Dermatology di Houston, Texas.

Selain kemerahan dan sensitif, efek lain yang muncul ialah iritasi, kulit yang terlalu kering, mengelupas, hingga timbulnya jerawat.

Perubahan perawatan wajah bisa dilakukan dan lebih efektif bila dibarengi dengan kepekaan seseorang terhadap kebutuhan kulit wajahnya. Perawatan wajah yang sama dan digunakan terus-menerus pun tak menjadi masalah asalkan tetap sesuai kebutuhan dan kondisi kulit wajah.

Namun, ada baiknya Anda tetap melakukan pergantian perawatan apabila kondisi kulit sudah berubah seiring bertambahnya usia atau faktor lingkungan di sekitar Anda tinggal. (hst/hst)

Comments