Muncul Virus Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi, Kemenkes: Surveilans Kami Jalankan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Muncul Virus Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi, Kemenkes: Surveilans Kami Jalankan

Muncul Virus Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi, Kemenkes: Surveilans Kami Jalankan

KEPONEWS.COM - Muncul Virus Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi, Kemenkes: Surveilans Kami Jalankan Virus jenis baru dari flu babi muncul dan diidentifikasi berasal dari China. Virus ini dikatakan 'revolusi' flu babi 2009 yang sempat menghantui masyarakat global. Virus flu babi baru ini dikenal deng...

Virus jenis baru dari flu babi muncul dan diidentifikasi berasal dari China. Virus ini dikatakan 'revolusi' flu babi 2009 yang sempat menghantui masyarakat global.

Virus flu babi baru ini dikenal dengan sebutan G4 EA H1N1. Dari karakteristiknya dijelaskan bahwa virus ini mudah menyebar dari orang ke orang. Bahkan, dikatakan berbahaya ketika menginfeksi tubuh manusia.

Karena itu, Prof Kin-Chow Chang dari Universitas Notthingham di Inggris serta peneliti lainnya mengimbau agar setiap negara mewasapadai penularan virus flu babi jenis baru ini. Karena, di China sendiri virus ini sudah menginfeksi 4,4 persen dari 230 orang yang diteliti.

Flu Babi

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun mewaspadai kemungkinan serangan flu babi baru ini pada manusia dengan terus melakukan surveilans untuk mendeteksi kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan.

"Jadi, surveilans kami masih jalan untuk memantau kemungkinan mengenai hal itu, untuk mendeteksi kemungkinan kasus pada orang atau petugas, pekerja yang bekerja di peternakan (peternakan babi). Itu sebenarnya ranahnya Kementerian Pertanian (Kementan)," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, dikutip dari ANTARA.

Perlukah Pengantin Mengenakan Masker saat Resepsi di Tengah Pandemi Covid-19?

Nadia memberikan, hal ini merespons laporan dari ilmuwan China wacana galur baru virus influenza G4 EA H1N1 yang dikabarkan berpotensi menular dari hewan ke manusia (zoonosis).

Selanjutnya

Comments