Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone

KEPONEWS.COM - Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone Ramadan tidak bisa dipisahkan dari banyak sekali tradisi dan momen menarik, mulai dari saat menyambut hingga tiba Hari Raya Idul Fitri. Sebut saja seperti ngabuburit yang banyak diminati Muslim di pen...

Ramadan tidak bisa dipisahkan dari banyak sekali tradisi dan momen menarik, mulai dari saat menyambut hingga tiba Hari Raya Idul Fitri. Sebut saja seperti ngabuburit yang banyak diminati Muslim di penjuru Tanah Air.

Tradisi Ramadan dan Idul Fitri khas orang Indonesia lainnya yang tidak kalah menarik merupakan mudik. Ya, tradisi berupa perjalanan pulang menuju kampung halaman saat libur Lebaran ini jadi kegiatan wajib dilakukan bagi mereka yang merantau.

Jatah libur panjang membuat momen satu tahun sekali ini menjadi kesempatan emas pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar.

Tradisi ini bahkan mendapat perhatian khusus dari pemerintah, mengingat tidak sedikit perjalanan mudik yang memakan waktu hingga berjam-jam. Maka dari itu, diharapkan penanganan serta persiapan khusus demi keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik.

Nah, kamu juga bisa mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan mudikmu bebas hambatan, lho. Salah satunya dengan mengandalkan software di smartphone. Berikut delapan software smartphone yang wajib di-install selama mudik, sebagaimana sudah dihimpun dari banyak sekali sumber, Kamis (23/5).

1. Software peta digital.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Software peta digital menjadi salah satu software paling wajib yang perlu kamu install saat mudik. Software peta digital yang biasanya sudah terpasang di smartphone akan sangat membantumu agar tidak tersesat di jalan. Bahkan software ini juga dilengkapi berita kondisi kemacetan jalan serta estimasi waktu perjalanan.

Beberapa peta digital juga mempunyai kemampuan memandu perjalanan tanpa harus melihat peta, adalah dengan suara. Software ini bisa jadi solusi jitu buat kamu yang baru pertama kali mudik lewat jalur darat.

2. Software info jalan tol.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jalan tol sering kali menjadi pilihan banyak orang melakukan perjalanan mudik untuk menghindari kemacetan dan mempersingkat rute perjalanan. Namun sayangnya tidak jarang banyak pemudik yang justru terjebak macet saat memakai jalan tol.

Maka dari itu, kamu perlu memakai software yang khusus memberikan berita perihal kondisi jalan tol. Melalui fasilitas pada software tersebut, pengguna jalan tol dapat memilih rute alternatif tercepat menuju tujuan. Berita realtime lalu lintas di area tol dan pelayanan darurat seperti permintaan mobil derek juga bisa kamu dapatkan dari software ini.

3. Software kondisi jalan dan cuaca.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bila sudah memastikan rute perjalanan yang akan dilewati, kamu juga harus memastikan kondisi jalan dan cuaca selama melakukan perjalanan mudik. Dengan kecanggihan teknologi saat ini kamu nggak perlu resah lagi, cukup menginstall software khusus cuaca dan kondisi jalan.

Tak hanya memberikan berita prakiraan cuaca, kamu juga akan mengetahui berita wacana kondisi iklim, kualitas udara, dan bencana berdasarkan lokasi yang dipilih.

Canggihnya lagi, berita cuaca jalur mudik yang disertai trafik lalu lintas jalan juga akan kamu ketahui dengan memakai software ini. Dengan begitu, para pemudik dapat mempersiapkan diri menghadapi cuaca dan medan yang akan dilalui.

4. Software kesehatan.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selama perjalanan mudik, apa pun bisa terjadi, termasuk kondisi kesehatan menurun seperti merasa kelelahan atau tidak enak badan. Untuk itu, pastikan kamu mempunyai software kesehatan yang sudah terinstall di smartphonemu.

Software jenis ini dapat membantu mendapatkan berita fasilitas kesehatan terdekat di sepanjang perjalanan mudik. Selain itu, software ini juga dapat memberi info wacana posko mudik hingga lokasi pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis. Tentu hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi keadaan buruk yang dapat terjadi.

5. Software info bengkel.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sebelum berangkat melakukan perjalanan mudik, mengecek kondisi mobil wajib hukumnya. Ya, memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima tidak boleh dilewatkan agar tidak terjadi hal tidak diinginkan saat mudik.

Meski demikian, untuk berjaga-jaga, kamu bisa menginstall software yang dapat memberi berita keberadaan bengkel. Software ini akan menyediakan berita bengkel-bengkel mobil dan motor yang ada di sekitar lokasimu. Dengan begitu, kalau kendaraanmu mogok atau mengalami ban bocor selama di perjalanan kamu nggak perlu galau lagi, deh.

6. Software hiburan.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Perjalanan mudik yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam tentu akan memunculkan rasa jenuh dan bosan. Usir rasa bosan selama di perjalanan dengan beragam software hiburan di smartphonemu. Mulai dari mendengarkan musik, menonton film, hingga serunya bermain game.

Akan tetapi, pastikan software hiburan yang kamu gunakan tidak mengganggu konsentrasi pengemudi selama di perjalanan agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

7. Software memantau keadaan rumah.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nah, software satu ini juga nggak kalah penting. Tidak jarang kondisi rumah yang sepi jadi sasaran empuk para pencuri. Kamu harus tetap memastikan dan menjaga keamanan rumah meski sedang melakukan perjalanan jauh.

Untuk itu, kamu perlu menginstall software yang dapat memantau keadaan rumah kapan pun dan di mana pun kamu berada. Berkat kecanggihan teknologi, kini sudah banyak software sejenis yang dapat membantu mengamankan rumahmu dari ancaman tamu tak diundang.

Software ini membantumu mengetahui keadaan rumah dengan mendapatkan laporan berupa video, GIF, maupun foto. Beberapa fasilitas canggih lain pada software ini juga semakin mempermudah untuk memantau keadaan rumah dari jauh.

8. Software chatting untuk video call.

Mudik bebas hambatan, ini 8 aplikasi wajib install di smartphone berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kalau software satu ini mungkin hampir semua orang sudah memilikinya di smartphone masing-masing. Software chatting memang sudah menjadi kebutuhan mendasar untuk berkomunikasi pada era modern ini.

Kini jenis komunikasi online pun sudah sangat beragam. Mulai dari chatting biasa, telepon memakai koneksi internet, bahkan hingga melakukan video call dengan orang-orang tercinta yang jaraknya puluhan kilometer. Berbeda dengan zaman dulu, kini kamu bisa memberi kabar selama di perjalanan mudik kepada keluarga di kampung halaman.

Dengan memakai aplikasi-aplikasi di atas, perjalanan mudikmu bisa jadi menyenangkan karena lebih mudah dan lancar. Tentunya, semua software ini membutuhkan konektivitas internet yang stabil selama di perjalanan mudik. Kebayang dong kalau internet nggak stabil? Bukannya menikmati perjalanan mudik, yang ada kamu malah dongkol seharian.

Nggak perlu takut koneksi internet malah bikin mudik berantakan, #JaringanDataTerkuat XL Axiata bisa jadi andalanmu selama mudik. Pasalnya, kini di sepanjang Pulau Jawa, 100% baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta Surabaya telah terlayani dengan #JaringanDataTerkuat XL Axiata. Sementara untuk jalan raya non tol pantai Utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Ya, untuk menyokong Ramadan dan memastikan jalur mudik terlayani jaringan 4G LTE, kini XL Axiata memperluas jaringannya bahkan hingga ke luar Pulau Jawa.

#JaringanDataTerkuat dari XL Axiata membuat banyak sekali momen Ramadan dan mudik Lebaran #JadiLebihBaik. Silaturahmi dengan keluarga lewat video call, menikmati konten Ramadan di sosmed hingga mabar game bareng sahabat bakal jadi lebih mudah dengan #JaringanDataTerkuat XL Axiata.

Tunggu apa lagi? Buruan pakai #JaringanDataTerkuat XL Axiata biar perjalanan mudikmu lancar bebas tanpa hambatan.

Recommended By Editor

Comments