MSG Ampuh Tingkatan Nafsu Makan Lansia Loh

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

MSG Ampuh Tingkatan Nafsu Makan Lansia Loh

MSG Ampuh Tingkatan Nafsu Makan Lansia Loh

KEPONEWS.COM - MSG Ampuh Tingkatan Nafsu Makan Lansia Loh PERAN Monosodium Glutamat (MSG) tak selamanya buruk loh. Bahkan menambahkan MSG ke dalam makanan tak hanya meningkatkan nafsu makan, tapi juga pada akhirnya bisa menjaga keseimbangan gizi harian seseo...

PERAN Monosodium Glutamat (MSG) tak selamanya buruk loh. Bahkan menambahkan MSG ke dalam makanan tak hanya meningkatkan nafsu makan, tapi juga pada akhirnya bisa menjaga keseimbangan gizi harian seseorang.

Dalam penelitian disebutkan bahwa MSG ini aman dikonsumsi semua kalangan. Tak terkecuali anak-anak dan lansia.

Pakar Gizi yang juga Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association. Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes memaparkan, salah satu faktor utama penyebab malnutrisi pada lansia ialah turunnya nafsu makan dan juga masalah mengunyah serta menelan. Menurutnya, peran MSG ini dibutuhkan dan ternyata sangat baik.

"Ternyata penambahan MSG pada makanan yang dikonsumsi lansia itu membuat nafsu makan meningkat," ujar dalam webinar "Peran Penting Umami Dalam Meningkatkan Asupan Gizi & Kesehatan Lansia" bersama Ajinomoto.

Msg

Namun, Dr. Rita mengatakan bahwa banyak masyarakat yang salah persepsi dengan kandungan MSG. MSG ini sebenarnya sebagai salah satu sumber rasa umami pada makanan yang tak berdampak buruk kalau makannya dikontrol.

Kendati demikian, masih ada juga masyarakat yang salah kaprah. Rasa umami pada banyak sekali pangan memang meningkatkan selera makan, namun bukan berarti menjadi tidak terkontrol seperti ingin makan terus. Justru bumbu umami bisa memberi rasa kenyang saat akan dan setelah makan. Sudah ada jurnal ilmiah yang memaparkan perihal penelitian ini," ucap Dr. Rita.

Comments