Momen langka, Ritual Semut untuk Kematian Lebah

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Momen langka, Ritual Semut untuk Kematian Lebah

Momen langka, Ritual Semut untuk Kematian Lebah

KEPONEWS.COM - Momen langka, Ritual Semut untuk Kematian Lebah Semut buat pemakaman langka. (Youtube/ Sunny Mon) Semut terkenal akan kerja sama dan rasa solidaritas tinggi antara sesama jenisnya. Namun peristiwa yang satu ini termasuk momen langka karena menampi...
Loading...

Semut buat pemakaman langka. (Youtube/ Sunny Mon)

Semut terkenal akan kerja sama dan rasa solidaritas tinggi antara sesama jenisnya. Namun peristiwa yang satu ini termasuk momen langka karena menampilkan ritual semut untuk kematian lebah.

Sebuah video yang menampilkan lebah mati tampak dikelilingi oleh semut dengan kelopak bunga di sekitarnya.

Ketika kamu memperhatikan dengan seksama, maka dibalik kelopak bunga tersebut terdapat semut yang sibuk menyusun rangkaian indah itu.

Dari kacamata manusia, seolah-olah ritual semut itu menemani kematian lebah yang tragis.

Mungkin kamu juga teringat akan adegan yang ada di film The Hunger Game.

Ritual semut tersebut mengingatkan kita akan Katniss yang membuat pemakaman darurat untuk Rue dengan bunga-bunga liar.

Semut buat pemakaman langka. (Youtube/ Sunny Mon)Semut buat pemakaman langka. (Youtube/ Sunny Mon)

Dikutip dari IFLScience, serangga yang mempunyai sifat sosial termasuk semut, lebah, tawon yang mempunyai perilaku kompleks dalam melakukan tata cara kematian mereka.

Seperti perilaku di koloni ataupun di dalam sarang, serangga mempunyai pembagian terstruktur mengenai khusus dalam pembagian kerja.

Serangga seperti semut biasanya mempunyai pasukan khusus untuk mengumpulkan makanan atau memindahkan sahabat mereka yang mati. Itu dilakukan agar mereka bisa bertahan hidup dan terhindar dari infeksi karena jasad semut lain yang membusuk.

Khusus untuk semut, mereka biasanya mendeteksi kawan yang mati atau sekarang dari bahan kimia yang dilepaskan dari tubuh mereka.


Momen langka ritual semut. (Youtube/ Sunny Mon)

Semut akan membawa sahabat mereka yang mati keluar dari koloni ke tempat yang jauh. Seringkali tempat pembuangan jasad semut ada di tempat yang sama.

Bagi lebah, mereka tak mempunyai rasa romantis dalam hal pemakaman kawan mereka yang mati.

Para pengawal lebah, biasanya langsung menyeret kawan mereka yang mati keluar dar sarang. Mereka terbang menjauh kemudian membuangnya.

Itu mungkin yang terjadi pada lebah yang satu ini.

Mungkin koloni semut tersebut menemukannya dan melakukan upacara pemakaman memakai ritual semut.

Namun hal seperti itu sangat jarang terjadi, kecuali dalam film kartun atau film Disney.

Seorang peneliti sekaligus Kurator Senior Hymenoptera (cabang ilmu biologi yang khusu mempelajari tawon, lebah, dan semut) yang bernama Daviv Notton mengemontari fenomena ini.

''Sulit untuk menganalisis karena wilayah dan jenis semut tidak jelas, tetapi kemungkinannya besar mereka ialah semut vegetarian yang mengambil kelopak dan diletakkan di sarang mereka sebagai sumber makanan. Lebah yang mati kemungkinan jatuh dan berakhir di atas sarang pintu semut,'' kata Notton dalam pernyataannya.

Semut vegetarian pemakan kelopak bunga. (Rid Ant)Semut vegetarian pemakan kelopak bunga. (Rid Ant)

Peneliti entomologi yang bernama Thomas O'shea Wheller mempunyai teori lebih lanjut.

Bagaimanapun juga, lebah dan kelopak dianggap sebagai gundukan sampah oleh semut. Mereka akan menumpuk barang yang membusuk (termasuk kelopak dan lebah) sebagai cadangan makanan mereka.

Kesimpulannya merupakan mereka memperlakukan lebah dan kelopak sebagai sumber daya yang sama sehingga timbul ritual semut untuk kematian lebah.

Peneliti berpendapat tidak ada ritual ataupun hal romantis di dalamnya, yang ada hanya bertahan hidup.

Terlepas dari teori yang dikemukakan oleh peneliti, bagi manusia yang awam mengenai serangga, ritual semut tersebut sangat langka terjadi.

Comments