Moldova Usir Lima Diplomat Rusia

Internasional

News / Internasional

Moldova Usir Lima Diplomat Rusia

Moldova Usir Lima Diplomat Rusia

KEPONEWS.COM - Moldova Usir Lima Diplomat Rusia CHISINAU - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Moldova dilaporkan mengeluarkan perintah pengusiran terhadap lima diplomat Rusia. Langkah ini memicu kegeraman Presiden Moldova, Igor Dodon.Sebagaimana dikut...
Loading...

CHISINAU - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Moldova dilaporkan mengeluarkan perintah pengusiran terhadap lima diplomat Rusia. Langkah ini memicu kegeraman Presiden Moldova, Igor Dodon.

Sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Selasa (30/5/2017), pejabat di Kemlu Rusia, Artur Sarbu, menjelaskan bahwa nota terkait keputusan itu diberikan kepada Duta Besar Rusia untuk Moldova, Farit Mukhametshin, pada Senin 29 Mei 2017 sore waktu setempat.

BERITA REKOMENDASI

Namun, Sarbu tak menjelaskan alasan di balik pengusiran tersebut. Mukhametshin juga membenarkan bahwa ia sudah mendapatkan nota dari Kemlu Moldova.

Al Jazeera mewartakan, langkah pengusiran ini diambil setelah mantan legislator di Moldova, Yury Bolbochan, dituding memberikan rahasia negara kepada atase militer di Kedubes Rusia, Alexander Grudin. Bolbochan sudah ditangkap pada Maret 2017 dan dijatuhi dakwaan pengkhianatan.

Hingga kini, masih belum diketahui identitas dari lima diplomat tersebut. Namun yang pasti, kelimanya diberikan waktu 72 jam untuk meninggalkan Moldova. Mendengar kabar tersebut, Presiden Igor Dodon mengecam keputusan tersebut.

Presiden Moldova yang disinyalir pro-Rusia itu menuding keputusan ini diberikan oleh Barat. Saya sangat marah atas langkah yang tidak ramah ini oleh perwakilan korps diplomat Moldova saya dengan pasti mengecamnya. Ini dilakukan kemungkinan atas perintah dari Barat. Langkah kasar ini tidak akan ditinggalkan tanpa konsekuensi negatif, tulis Dodon di laman Facebook-nya.

Moldova Usir Lima Diplomat Rusia
Loading...

Comments