Mobil Polisi Ditabrak Truk, Kenali Risiko Blind Spot di Jalan Raya

Otomotif

News / Otomotif

Mobil Polisi Ditabrak Truk, Kenali Risiko Blind Spot di Jalan Raya

Mobil Polisi Ditabrak Truk, Kenali Risiko Blind Spot di Jalan Raya

KEPONEWS.COM - Mobil Polisi Ditabrak Truk, Kenali Risiko Blind Spot di Jalan Raya MOJOKERTO - Berkendara di jalan raya, dengan jumlah kendaraan yang sangat banyak, tentu tak semua sudut bisa terpantau oleh pengemudi. Inilah yang disebut dengan objek buta atau blind spot dimana sudu...


MOJOKERTO - Berkendara di jalan raya, dengan jumlah kendaraan yang sangat banyak, tentu tak semua sudut bisa terpantau oleh pengemudi. Inilah yang disebut dengan objek buta atau blind spot dimana sudut pengemudi tak melihat objek lain karena terhalang sesuatu benda.

Kondisi inilah yang terjadi pada kecelakaan antara truk yang menabrak mobil Polisi yang diketahui tengah melakukan pengawalan mobil tahanan di Mojokerto. Kejadian yang terekam kamera CCTV tersebut terjadi disebuah persimpangan jalan.

Dalam kejadian tersebut, truk saat akan melintas tengah dalam kecepatan cukup tinggi, diperkirakan posisi lampu merah tengah berwarna hijau sehingga arus dari posisi mobil truk tersebut memang tengah mendapat hak untuk melintas.

Fatalnya, saat melintas di persimpangan dari arah berlawanan iring-iringan mobil polisi juga melintas. Pandangan supir truk sendiri tertutup bangunan yang berada diantara persimpangan jalan tersebut, sehingga sopir truk tak melihat adanya iring-iringan mobil polisi.

Risiko itulah yang dinamakan blind spot, dimana saat berkendara pengemudi tidak bisa melihat objek dari arah lain karena tertutup bangunan.

"Saat menyetir mobil, enggak semua obyek di area luar bodi mobil bisa kita lihat dengan jelas. Ini yang namanya titik buta atau orang bilang blind spot. Cukup berbahaya namun bisa diminimalisasi, jelas Hasnul Arifin Pulungan (50), instruktur keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs (RDL), kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, blind spot bisa terjadi di banyak sekali jenis mobil, baik sedan, SUV, MPV, truk, dan bus. Karenanya penting bagi seluruh pengguna jalan raya untuk tetap berhati-hati dan kurangi kecepatan ketika menemui titik buta di segala kondisi di jalan raya.

(muf)

Comments