Mobil Baru Bisa Langsung Melaju tanpa Menunggu Mesin Panas?

Otomotif

News / Otomotif

Mobil Baru Bisa Langsung Melaju tanpa Menunggu Mesin Panas?

Mobil Baru Bisa Langsung Melaju tanpa Menunggu Mesin Panas?

KEPONEWS.COM - Mobil Baru Bisa Langsung Melaju tanpa Menunggu Mesin Panas? Setiap orang pasti ingin mempunyai mobil yang awet dan bisa diandalkan kapan saja. Selain melakukan perawatan secara rajin di bengkel, hal lain yang bisa mewujudkan hal itu merupakan mengetahui cara p...

Setiap orang pasti ingin mempunyai mobil yang awet dan bisa diandalkan kapan saja. Selain melakukan perawatan secara rajin di bengkel, hal lain yang bisa mewujudkan hal itu merupakan mengetahui cara pengoperasian yang benar.

Tidak sedikit kendaraan rusak karena pengemudi melakukan kesalahan, seperti membiarkan transmisi otomatis di posisi D saat melalui tanjakan, atau mengisi tangki dengan bahan bakar yang kualitasnya rendah karena harga murah.

Hal lain yang juga sering jadi sorotan merupakan saat pertama kali memakai mobil di pagi hari. Beberapa menyarankan untuk memanaskan mesin terlebih dahulu, sementara yang lain berkata bahwa mobil zaman sekarang bisa langsung digas tanpa perlu melalui proses itu.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mobil Lubricants, Rabu 20 Januari 2021, proses memanaskan mesin memang diharapkan, namun durasinya tidak lebih dari tiga menit. Hal itu disebabkan sudah canggihnya sistem manajemen mesin, di mana komputer akan mengatur agar kendaraan siap digunakan dalam waktu singkat.

Jikalau membiarkan mesin dalam kondisi hidup selama lebih dari tiga menit, Kamu hanya akan buang-buang bensin saja. Suhu ideal tetap diharapkan, agar campuran bahan bakar dan udara bisa menghasilkan emisi yang rendah.

Salah satu faktor yang menentukan seberapa cepat suhu mesin naik ke angka ideal, adalah jenis pelumas yang digunakan.

Pelumas sintetik lebih mudah mengalir daripada jenis mineral. Saat mesin pertama kali dinyalakan, pelumas mineral memerlukan waktu beberapa saat untuk mengalir. Sementara, pelumas sintetik mengalir lebih cepat, sehingga melindungi bagian yang bergerak pada mesin.

Jenis pelumas sintetik juga ideal digunakan pada mobil yang memakai mesin dengan turbocharger. Tingginya suhu mesin bisa ditangani oleh pelumas tersebut, sehingga tetap memberi perlindungan pada komponen.

Salah satu contohnya, adalah produk Mobil Super All-in-One Protection 0W-20 yang kini sudah dilengkapi dengan API SP, adalah standar pelumas mesin terbaru yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute. Produk ini dibuat memakai bahan dasar full synthetic serta telah dilengkapi dengan Heat Activated Anti-wear Molecule.

Photo : Mobil Lubricants Indonesia

Kami terus berkomitmen dan berupaya selalu terdepan dalam menghadirkan inovasi produk, yang dapat memberikan perlindungan terbaik pada mesin kendaraan. Sasaran dalam waktu dekat adalah menghadirkan standar spesifikasi API SP untuk seluruh lini produk pelumas kami, ujar Mobil Consumer Brand General Manager, Rommy Averdy.

Comments