Mitos atau fakta, penderita diabetes nggak boleh makan jeruk?

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Mitos atau fakta, penderita diabetes nggak boleh makan jeruk?

Mitos atau fakta, penderita diabetes nggak boleh makan jeruk?

KEPONEWS.COM - Mitos atau fakta, penderita diabetes nggak boleh makan jeruk? foto: freepik.com Jeruk mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah yang identik dengan sumber vitamin C ini memang terkenal dengan rasa manis dan...
Mitos atau fakta, penderita diabetes nggak boleh makan jeruk? foto: freepik.com

Jeruk mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah yang identik dengan sumber vitamin C ini memang terkenal dengan rasa manis dan asamnya. Meski begitu, rasa manis yang terkandung dalam jeruk banyak dikhawatirkan tidak aman dikonsumsi bagi penderita penyakit tertentu.

Bagi para penderita diabetes, menghindari buah-buahan dengan tinggi kandungan gula wajib dilakukan. Hal ini dikarenakan penderita diabetes harus mengawasi kadar gula darah dalam tubuh mereka. Makanan yang mereka konsumsi sangat berperan besar dalam kenaikan kadar gula darah. Jikalau tidak diperhatikan bisa membahayakan nyawa.

Tak heran jikalau banyak yang salah paham kalau buah-buahan, seperti jeruk tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Terlebih buah-buahan segar, seperti jeruk mengandung gula alami dalam jumlah tinggi seperti fruktosa dan sukrosa.

Jadi, apakah buah jeruk baik dikonsumsi bagi penderita diabetes? Penting untuk mengetahui fakta sebenarnya dari dampak konsumsi jeruk bagi para penderita diabetes. Bagaimanapun, tubuh juga membutuhkan nutrisi yang hanya terkandung pada buah-buahan tertentu termasuk jeruk.

konsumsi jeruk   2021

foto ilustrasi: pixabay.com

Dilansir dari healthline.com, buah jeruk mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Makan makanan yang mempunyai GI rendah dapat meningkatkan manajemen gula dalam darah. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

GI mengukur seberapa cepat makanan mempengaruhi gula darah setelah mengonsumsi suatu makanan tertentu. Mengonsumsi makanan dengan GI tinggi dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara cepat.

Oleh karena itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mempunyai kadar GI rendah. Karena semakin rendah GI dalam makanan, semakin sedikit pengaruhnya terhadap gula darah dan kadar insulin.

Selain itu, American Diabetes Association (ADA) sudah mengklaim bahwa jeruk menjadi salah satu menu dalam perencanaan diet bagi penderita diabetes. Dilansir dari ndtv.com, buah jeruk mengandung serat, vitamin C, folat, dan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh.

konsumsi jeruk   2021

foto: pexels.com

Namun, yang tak kalah penting untuk diperhatikan merupakan manajemen konsumsi dari buah jeruk ini. Sekalipun memberikan nutrisi bagi tubuh, konsumsi jeruk yang tidak tepat juga dapat membahayakan tubuh terutama penderita diabetes.

Agar jeruk tetap dikonsumsi bagi penderita diabetes, penting untuk memerhatikan porsinya agar sesuai batas asupan harian. Selain itu, cara terbaik untuk mengonsumsi jeruk ialah dengan memakannya secara mentah. Hal tersebut bisa menyokong tubuh mendapat serat dan manfaat optimal dari buah tersebut.

Jikalau ingin mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi jus buah, hindari untuk menambahkan gula atau pemanis apapun. Karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi nutrisi dan kandungan di dalamnya.

Sebuah jurnal yang diterbitkan Diabetes Care mengungkapkan bahwa makan buah jeruk dapat menurunkan risiko diabetes pada wanita, tetapi minum jus jeruk justru terbukti merusak kadar gula dalam darah. Jadi, jeruk pada dasarnya aman dikonsumsi bagi penderita diabetes selama masih dalam porsi wajar.

(mal)

Comments