Mitos Atau Fakta, Panaskan Mesin Mobil Matik Jangan di Posisi P

Otomotif

News / Otomotif

Mitos Atau Fakta, Panaskan Mesin Mobil Matik Jangan di Posisi P

Mitos Atau Fakta, Panaskan Mesin Mobil Matik Jangan di Posisi P

KEPONEWS.COM - Mitos Atau Fakta, Panaskan Mesin Mobil Matik Jangan di Posisi P JAKARTA - Mobil dengan transmisi matik saat ini telah menjadi pilihan banyak konsumen, karena dinilai lebih nyamana digunakan saat kondisi macet. Belakangan juga berkembang berita terkait memanaskan m...

JAKARTA - Mobil dengan transmisi matik saat ini telah menjadi pilihan banyak konsumen, karena dinilai lebih nyamana digunakan saat kondisi macet. Belakangan juga berkembang berita terkait memanaskan mobil tuas transmisi matik harus berada pada posisi N (netral) bukan di P (parking).

Dengan posisi tuas transmisi Netral oli transmisi akan melumasi seluruh komponen transmisi matik. Sedangkan jikalau pada posisi P, pelumas transmisi tidak akan melumasi komponen yang dinilai berakibat rusaknya komponen pada transmisi matik.

Menanggapi hal tersebut, pemilik bengkel DMD Auto Part CBU, Maulana menegaskan bahwa hal tersebut merupakan mitos belaka. Meski dirinya mengungkap saat memanaskan mobil pada posisi N, sistem pelumasan cepat bekerja dibanding pada posisi P.

"Posisi paling aman saat memanaskan mobil memang harus pada posisi P dibanding N, karena bila di posisi N dikhawatirkan pengemudi lupa dan menurunkan tuas ke posisi D yang sangat berbahaya saat memanaskan mobil," katanya.

Penempatan tuas transmisi P merupakan posisi paling aman bila pengemudi ingin memanaskan mesin mobil di waktu awal. Jangan pernah memposisikan pada posisi N, yang bisa berisiko mobil lompat karena pengemudi tentu menekan pedal gas saat memanaskan mesin mobil.

(muf)

Comments