Mitos atau Fakta Kunci Setang ke Kanan Lebih Aman, Simak Penjelasannya

Otomotif

News / Otomotif

Mitos atau Fakta Kunci Setang ke Kanan Lebih Aman, Simak Penjelasannya

Mitos atau Fakta Kunci Setang ke Kanan Lebih Aman, Simak Penjelasannya

KEPONEWS.COM - Mitos atau Fakta Kunci Setang ke Kanan Lebih Aman, Simak Penjelasannya JAKARTA - Beredar anggapan di masyarakat bahwa dalam mengamankan kendaraan roda dua saat diparkir lebih aman dengan mengunci setang ke kanan. Langkah ini diharapkan dapat mencegah aksi pelaku pencuria...
Loading...

JAKARTA - Beredar anggapan di masyarakat bahwa dalam mengamankan kendaraan roda dua saat diparkir lebih aman dengan mengunci setang ke kanan. Langkah ini diharapkan dapat mencegah aksi pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Preferensi masyarakat tersebut mengundang tanggapan dari PT Astra Honda Motor (AHM). "Sudah lama memang motor Honda yang beredar di Indonesia dapat dikunci setang menghadap kiri maupun kanan," ujar Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno.

Honda

Secara teknis rupanya tindakan tersebut tidak berpengaruh banyak pada pencegahan pencurian sepeda motor Honda. Hanya, mengarahkan setang ke kanan saat mengunci kendaraan bermotor di tempat parkir hanya akan merepotkan pencuri dari sisi momentum.

Terlebih karena posisi lubang kunci motor jenis skuter matik (skutik) atau cub berada di sisi kanan bagian bawah motor. "Cara kerja maupun sistem penguncian sama saja. Jadi keleluasaan pencuri saja yang jadi agak lama membongkar kunci motor," kata Endro.

Sepeda Motor

Anggapan mengarahkan setang motor ke arah kanan saat dikunci pun jelas tidak berpengaruh pada motor keluaran Honda dengan posisi lubang kunci berbeda. "Secara prinsip sebenarnya bebas mau menghadap kiri atau kanan, cuma hal ini tidak berlaku dengan motor yang lubang kuncinya di atas," ujar Endro saat ditemui di daerah Sunter, Jakarta Utara.

(muf)

Comments