Misteri Kematian Ratusan Gajah Akhirnya Terpecahkan

Unik

Ragam / Unik

Misteri Kematian Ratusan Gajah Akhirnya Terpecahkan

Misteri Kematian Ratusan Gajah Akhirnya Terpecahkan

KEPONEWS.COM - Misteri Kematian Ratusan Gajah Akhirnya Terpecahkan Kematian ratusan gajah awal tahun ini di Botswana telah membuat para konservasionis galau perihal apa yang menjadi penyebabnya. Sekarang, bagaimanapun, insiden misterius itu diperkirakan telah terpeca...

Kematian ratusan gajah awal tahun ini di Botswana telah membuat para konservasionis galau perihal apa yang menjadi penyebabnya. Sekarang, bagaimanapun, insiden misterius itu diperkirakan telah terpecahkan.

Lebih dari 300 bangkai gajah ditemukan di Botswana antara Mei dan Juni, banyak di antaranya tergeletak di dekat lubang air.

Kematian hewan tersebut dijuluki sebagai bencana konservasi , meskipun penyebabnya tidak diketahui. Beberapa bulan setelah gajah pertama ditemukan, penjelasan akhirnya muncul.

Pada bulan Juli, Dr. Niall McCann, direktur konservasi di National Park Rescue yang berbasis di Inggris, mengatakan kepada The Guardian:

Ini merupakan kematian massal pada level yang belum pernah terlihat dalam waktu yang sangat, sangat lama. Di luar kekeringan, saya tidak tahu kematian yang sesignifikan ini.

Setelah gajah ditemukan di dekat air, petugas menguji air yang diminum hewan tersebut untuk menemukan bahwa air tersebut mengandung racun yang diproduksi oleh Cyanobacteria, lapor BBC News.

Cyanobacteria merupakan bakteri beracun yang dapat muncul secara alami di genangan air dan terkadang tumbuh menjadi mekar besar yang dikenal sebagai alga biru-hijau.

(Foto: PA)

Para ilmuwan sekarang memperingatkan bahwa perubahan iklim dapat menyebabkan alga berkembang biak di perairan Botswanan ini. Dikenal sebagai bunga beracun , bakteri tersebut dilaporkan menyukai iklim yang lebih hangat.

Mmadi Reuben, petugas kedokteran hewan utama di departemen Margasatwa dan Taman Nasional Botswana mengatakan pada konferensi pers: Tes terbaru kami telah mendeteksi neurotoksin cyanobacterial sebagai penyebab kematian. Ini merupakan bakteri yang ditemukan di dalam air.

Para pejabat awalnya mengesampingkan racun sebagai penyebab kematian, karena gajah merupakan satu-satunya spesies yang terpengaruh, dan hewan lain mungkin akan menderita konsekuensi yang sama. Namun, sekarang diperkirakan hewan-hewan besar sangat rentan terhadap ledakan racun karena gajah mandi di air dan menelan lebih banyak daripada hewan lain.

(Foto: PA)

Alasan lain mengapa air dikaitkan dengan kematian gajah ialah karena gajah mati berhenti pada akhir Juni. Hal ini terjadi karena banyak lubang penyiraman yang mengering saat ini, yang berarti gajah tidak lagi meminum air yang dipenuhi ganggang.

Kami mempunyai banyak pertanyaan yang masih harus dijawab seperti mengapa hanya gajah dan mengapa daerah itu saja. Kami mempunyai sejumlah hipotesis yang sedang kami selidiki, Ruben menambahkan.

Dengan pihak berwenang sekarang mengetahui penyebab kematian, semoga mereka dapat memantau perairan negara untuk mencegah hal itu terjadi lagi. (yn)

Sumber: Unilad

Comments