Misi Hope Uni Emirat Arab Akan Tiba di Mars Hari Ini

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Misi Hope Uni Emirat Arab Akan Tiba di Mars Hari Ini

Misi Hope Uni Emirat Arab Akan Tiba di Mars Hari Ini

KEPONEWS.COM - Misi Hope Uni Emirat Arab Akan Tiba di Mars Hari Ini Uni Emirat Arab (UEA) tengah menanti pendaratan misi yang dijuluki Hope, tiba di orbit di sekitar Mars hari ini, Selasa (9/2/2021). Hope merupakan misi antarplanet pertama milik UEA yang diluncurkan...

Uni Emirat Arab (UEA) tengah menanti pendaratan misi yang dijuluki Hope, tiba di orbit di sekitar Mars hari ini, Selasa (9/2/2021).

Hope merupakan misi antarplanet pertama milik UEA yang diluncurkan pada Juli 2020. Setelah perjalanan tujuh bulan di luar angkasa, UEA harus mempersiapkan kedatangan Hope di Planet Merah.

Proses tersebut terdiri dari manuver kompleks yang mengharuskan pesawat luar angkasa menyelesaikan pembakaran mesin, tanpa dukungan dari insinyur misi karena adanya keterlambatan waktu 10 menit antara komunikasi Mars dengan Bumi.

Secara resmi disebut Mars Orbit Insertion, pencapaian ini akan memungkinkan tim di balik misi Hope untuk fokus pada penelitian sekaligus menjadikan UEA sebagai negara kelima yang mengorbit Planet Merah.

Sst... Ada Rahasia Pembentukan Planet Tersembunyi di Bulan Mars

Probe dari misi Hope Mars milik Uni Emirat Arab sebelum peluncuran [MBRSC].Probe dari misi Hope Mars milik Uni Emirat Arab sebelum peluncuran [MBRSC].

"UEA telah memimpin dunia Arab ke perbatasan baru di luar angkasa untuk pertama kalinya dalam sejarah," kata Mohammed bin Rashid Al Maktoum, wakil presiden dan perdana menteri UEA, seperti dikutip dari Scientific American, Selasa (9/2/2021).

Menurut laporan Space.com, manuver tersebut akan dimulai pukul 10.30 pagi EST atau sekitar 17.30 WIB.

Pada saat itu, Hope akan membakar mesinnya selama 27 menit untuk mengurangi kecepatannya dari 75.000 mph menjadi sekitar 11.200 mph, cukup lambat sehingga Mars dapat menarik Hope dengan gravitasinya.

Para insinyur telah mempraktikkan manuver itu berulang kali di Bumi, namun proses tersebut tetap akan menjadi titik paling krusial dalam pendaratan.

Setengah dari misi Mars umumnya gagal saat melakukan proses manuver tersebut.

Bukan Januari, Mars Rayakan Pergantian Tahun Baru pada Februari Ini

Semenjak awal, UEA sadar bahwa taruhannya untuk mendaratkan misi senilai 200 juta dolar AS itu sangat tinggi.

Comments