Miris, Bedah Plastik Vagina Mulai Diminati Remaja Perempuan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Miris, Bedah Plastik Vagina Mulai Diminati Remaja Perempuan

Miris, Bedah Plastik Vagina Mulai Diminati Remaja Perempuan

KEPONEWS.COM - Miris, Bedah Plastik Vagina Mulai Diminati Remaja Perempuan Percaya atau tidak, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah anak perempuan dan remaja perempuan yang memilih menjalani bedah plastik labiaplasty atau bibir vagina dengan tujuan mempercantik vagina, tela...

Percaya atau tidak, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah anak perempuan dan remaja perempuan yang memilih menjalani bedah plastik labiaplasty atau bibir vagina dengan tujuan mempercantik vagina, telah meningkat secara drastis.

Di Inggris, seperti dilansir dari The Independent, jumlah prosedur bedah plastik labiaplasty meningkat 45 persen dari tahun 2015 sampai 2016, dengan pasien termuda berusia 9 tahun.

Melihat kecenderungan ini, British Society for Gynecology Pediatric and Adolescent (BritSPAG) kemudian meluncurkan panduan kesehatan mengenai "Apa itu Vulva?" yang bertujuan untuk mendidik anak perempuan dan perempuan muda perihal banyak sekali anatomi perempuan dan risiko yang mungkin terjadi saat melakukan bedah plastik labiaplasty.

"Kami melihat banyak pasien di klinik ginekologi merupakan anak-anak dan remaja yang memiliki pemahaman yang buruk perihal fungsi dari anatomi vulva dan juga variasi bentuk kelamin yang normal," kata Louise Williams, spesialis perawat klinis dari University College Hospital dan pemimpin proyek ini.

"Panduan kesehatan ini akan membantu para perempuan muda untuk memahami alat kelamin mereka dan bagaimana perkembangannya selama masa pubertas, terutama bila mereka khawatir wacana bagaimana penampilannya.

"Kami berharap panduan ini akan meyakinkan para perempuan muda bahwa mulut vagina sesungguhnya memiliki banyak sekali bentuk dan ukuran, dan jikalau mereka membutuhkan saran dan dukungan, mereka tahu ke mana harus pergi."

Panduan kesehatan ini mencakup gambar ilustrasi banyak sekali bentuk vulva, yang menyoroti fakta bahwa tidak ada bentuk vulva yang benar-benar terlihat tepat.

Ilustrasi bentuk bibir vagina dalam bentuk cupcake. (@RCObsGyn/Twitter)

Dalam panduan kesehatan ini juga diberikan penjelasan rinci perihal istilah anatomis, termasuk apa itu vulva, klitoris, dan labia.

Dr. Naomi Crouch, ketua BritSPAG, mengatakan bahwa selama bekerja untuk NHS, dia tidak pernah menemukan seorang perempuan muda yang menjalani bedah plastik labiaplasty namun benar-benar membutuhkannya.

"Sama sekali tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung bedah plastik labiaplasty mengingat risiko bahaya yang mengintainya, terutama bagi remaja perempuan yang masih dalam tahap perkembangan, baik secara fisik maupun psikis," katanya.

"Kami berharap panduan kesehatan ini akan memberikan berita untuk anak perempuan dan remaja perempuan bahwa bentuk vulva mereka unik, dan akan berubah sepanjang hidup mereka, dan ini benar-benar normal."

Panduan kesehatan ini diluncurkan pada updatetTahunan di Paediatric and Adolescent Gynaecology, sebuah acara bersama yang dilakukan oleh Royal College of Obstetricians and Gynecologists (RCOG) dan BritSPAG.
Menurut NHS, bedah plastik labiaplasty di Inggris dapat memakan biaya antara 1.000 atau Rp19 juta sampai 3.000 atau Rp57 juta, tidak termasuk biaya tambahan untuk konsultasi dan perawatan lanjutan.

Risiko potensial yang mungkin terjadi meliputi perdarahan, infeksi, jaringan parut, dan berkurangnya sensitivitas di daerah genital.



Comments